Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Implementasi Mesin Peras Santan Tipe Screw Guna Meningkatkan produktivitas Minyak Kelapa Di IKM-Al Iffah

Muanah Muanah (Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, Indonesia)
Novi Yanti Sandra Dewi (Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, Indonesia)
Mursal Ghazali (Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia)
Azhari (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, Indonesia)
Hasri Kusuma Wardi (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, Indonesia)
Nurhayati Nurhayati (Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Pemerasan Santan merupakan salah satu elemen kerja dalam pembuatan minyak kelapa. Proses pemerasan santan ini membutuhkan waktu dan kebutuhan kerja yang banyak sehingga diperlukan impelementasi mesin untuk efisiensi waktu dan tenaga kerja serta peningkatan produksi minyak kelapa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta produktivitas minyak kelapa yang dihasilkan. Metode pengabdian ada dua yaitu penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan untuk mengenalkan kepada mitra secara teori dan juga sebagai bekal untuk melakukan pelatihan. Sedangkan pelatihan dilakukan untuk belajar mengoperasikan mesin secara langsung. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan mampu meningkatkan pengetahuan Mitra IKM-Al Iffah sebesar 75%, keberadaan mesin ini juga mampu meningkatkan 80% efisiensi tenaga kerja dan efisiensi waktu serta meningkatnya jumlah produksi minyak kelapa yang dihasilkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...