Jurnal Life Science
Vol 4, No 2 (2022)

Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran

Ulfah Latifah (Institut Pendidikan Indonesia Garut)
Lida Amalia (Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut)
Diah Ika Putri (Institut Pendidikan Indonesia Garut)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran”. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada penerapan beberapa model pembelajaran. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang menggunakan metode deskriptif dari hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015-2019, dan menggunakan database Google Scholar. Beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa terdapat empat model pembelajaran yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode praktikum dan demonstrasi multimedia interaktif (MMI), model inquiry terbimbing, learning cycle 5E, dan model inquiry. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penerapan beberapa model pembelajaran bahwa keempat model pembelajaran tersebut efektif digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran, literasi sains siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LSciences

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Life Science (JLS) adalah jurnal yang menerbitkan dan mempromosikan penelitian pendidikan sains ilmiah. Jurnal ini mengkaji pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan informal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Dalam menerbitkan artikel ilmiah, JLS mencari artikulasi prinsip dan praktik ...