CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 3 No 2 (2022): CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganega

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMPS CITRA SAKTI MANIAMOLO TA 2021/2022

Seni Hati Wau (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dengan menggunakan pemahaman dan kemampuan akademiknya. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPS Citra Sakti Maniamolo Tahun Pembelajaran 2021/2022 dengan jumlah 40 orang siswa. Siswa yang berjenis kelamin laki-laki terdiri atas 21 orang, sedangkan siswa yang berjenis kelamin perempuan terdiri atas 19 orang. Penelitian telah dilakukan selama 2 bulan lamanya, maka penulis memahami bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang tidak baik menjadi baik. Peningkatan hasil belajar yang ditemukan pada saat penulisan dapat dilihat pada saat pelaksanaan setiap siklus. Siklus I terdapat 18 orang siswa yang tidak tuntas dan 22 orang siswa yang tuntas dari 40 siswa di dalam kelas sedangkan pada siklus II terdapat (empat) orang siswa yang tidak tuntas dan 37 siswa yang tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas VIII SMPS Citra Sakti Maniamolo Tahun Pembelajaran 2021/2022. Dalam penerapan model pembelajaran CTL ini, terdapat tujuh komponen yaitu konstruktivisme, menemukan inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Model pembelajaran CTL ini bertujuan agar siswa secara individu dapat menemukan dan mentrasfer informasi-informasi komplek dan siswa dapat menjadikan informasi itu miliknya sendiri. Berdasarkan simpulan tersebut, maka ada penulis menyarankan agara guru mata pelajaran PPKn menjadikan model pembelajaran CTL ini sebagai salah satu pilihan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah sarana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti dalam bidang kewarganegaraan dan pendidikan di Indonesia dan dunia. ...