ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Penggunaan Media Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selong

Mulkiah (SMP Negeri 1 Selong)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkugan belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes dan pedoman observasi. Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I 72 menjadi 80 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media lingkungan belajar dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...