Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkugan belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes dan pedoman observasi. Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I 72 menjadi 80 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media lingkungan belajar dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2021