cover
Contact Name
Herman Wijaya
Contact Email
alinea.jurnal@gmail.com
Phone
+6281937075937
Journal Mail Official
alinea.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Basuki Rahmat-Praya Lombok Tengah
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Published by Bale Literasi
ISSN : -     EISSN : 28094204     DOI : https://doi.org/10.58218/alinea/
Core Subject : Religion, Education,
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), serta pembelajaran bahasa dan sastra. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, konsep teori dan pemikiran yang menawarkan nilai kebaharuan. ALENIA terbit tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus, dan Desember
Articles 163 Documents
EFEKTIFITAS METODE PBL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NARATIF TEXT PADA SISWA SMA KELAS X Ahmad Zuhri Rosyidi
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.788 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.9

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan metode yang tepat bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada pemahaman tentang text bahasa inggris. Untuk membuktikan argumentasi tersebut penelitian ini difokuskan pada penggunaan PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa hususnya pada materi Naratif teks dikelas X di MA Darul Aminin NW Aik Mual. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa dalam belajar bahasa inggris. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui keefektifan PBL dalam pengajaran Bahasa Inggris. Hasil analisis data yang dilakukan dengan SPSS diperoleh uji-t dengan taraf signifikansi =0,000 dari jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Artinya jika tingkat significansinya kurang dari <0,05 maka dapat di pastikan bahwa hipotesis alternatif rata-rata (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini berarti bahwa penggunaan metode Problem Based Learning efektif terhadap peningkatan pemahaman Naratif text siswa kelas X MA Darul Aminin NW Aik Mual tahun ajaran 2019-2020.
REALITAS HARMONI DALAM NOVEL “CATATAN HATI SEORANG ISTRI” KARYA ASMA NADIA Asrini Wati; Lalu Fakihuddin; Muh. Jaelani Al Pansori
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.874 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.10

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui realitas harmoni dalam novel Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia. Hasil penelitian yang didapatkan dalam novel ini mengenai realitas harmoni, peneliti dapat menemukan empat realitas yang ada dalam novel ini seperti realitas intraksi sosial, nilai sosial, proses sosial, dan perilaku menyimpang yang digambarkan melalui tokoh-tokohnya, sedangkan harmoni diperlihatkan oleh sikap-sikap tokoh seperti sikap suami terhadap keluarga, sikap suami terhadap keluarga, sikap suami istri terhadap keluarga dan sikap anak pada orangtua. Simpulan dalam penelitian ini adalah realitas harmoni ketika pasangan suami istri saling mengerti dan memahami diantara anggota keluarganya karena untuk mencapai semua itu maka memahami agama juga sangatlah penting, karena dengan memahami ajaran agama, setiap pasangan akan mampu mengontrol dirinya sendiri, termasuk untuk mampu bersikap sabar dan ikhlas menghadapi ujian-ujian yang menimpanya. Semua itu dilakukan dengan selalu bersyukur dan sabar menghadapi semua ujian demi mendapatkan keluarga yang harmonis.
KESANTUNAN TUTUR REMAJA DILIHAT DARI SUDUT PANDANG LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DI KAMPUNG JOLOK DESA SIKUR (STUDI PRAGMATIK) Muh. Irfan; Apriliyanti; Herman Wijaya
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.504 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.12

Abstract

Tujuan utama yang dikaji dalam penelitian ini untuk mengetahui kesantunan tuturan remaja dilihat dari sudut pandang lokusi, ilokusi, dan perlokusi di Kampung Jolok Desa Sikur dan untuk mengetahui kesantunan linguistik tuturan imperatif pada tuturan remaja di Kampung Jolok Desa Sikur, sehingga berbagai manfaat dapat diperoleh meliputi manfaat teoretis dan manfaat praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber atau informan, peristiwa, aktivitas, dan perilaku, rekaman, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi, wawancara, dan rekaman. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu berupa tuturan yang dihasilkan oleh remaja Kampung Jolok Desa Sikur yang dibatasi dengan tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi). Dari sisi lokusi terdapat tindak tutur lokusi menanya, tindak tutur lokusi menyampaikan informasi, dan tindak tutur lokusi mengklarifikasi. Kemudian dari sisi ilokusi terdapat tindak tutur ilokusi meminta, tindak tutur ilokusi menyuruh, tindak tutur ilokusi perintah, dan tindak tutur ilokusi keluhan. Selanjutnya dari sisi perlokusi terdapat tindak tutur perlokusi menyindir, tindak tutur perlokusi membujuk, tindak tutur perlokusi meminta, dan tindak tutur perlokusi tanya. Dan mengenai kesantunan linguistik tuturan imperatif pada tuturan remaja di Kampung Jolok Desa Sikur mencakup beberapa hal yaitu panjang-pendek tuturan sebagai penentu kesantunan tuturan, urutan tutur sebagai penentu kesantunan tuturan, Intonasi dan isyarat-isyarat kinesik sebagai penentu kesantunan tuturan, dan ungkapan-ungkapan penanda kesantunan sebagai penentu kesantunan menghasilkan penanda kesantunan mari dan penanda kesantunan ayo.
KONSISTENSI DAN INKOSISTENSI PILIHAN BAHASA BERDASARKAN STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT SEMBALUN BUMBUNG Nursasih; Khirjan Nahdi
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.898 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan data-data kualitatif berupa data verbal kebahasaan dan gambaran mengenai informasi yang didapatkan di lapangan dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi. Data dari penelitian ini adalah data verbal berupa data lisan yaitu percakapan. Sumber datanya tidak lain adalah masyarakat Desa sembalun sendiri. Pengumpulan datanya dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metodedan teknik yang ada salah satunya adalah metode observasi (teknik sadap dan teknik simak libat cakap) dan metode wawancara. Data dari peristiwa tutur dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan bahasa tertentu “Basa Alus” hanya ditentukan berdasarkan tingkatan sosial tertentu dan usia, seperti kelompok masyarakat yang bergelar “Lalu”, “Baiq”, “Lale”, “Raden”, atau sesepuh masyarakat dan adat.Seiring dengan kemajuan zaman dan tingkat berpikir masyarakat secara global, perubahan cara berbahasa mereka berubah, penempatan “Basa Alus” tidak hanya ditujukan pada satu kalangan tertentu, melainkan melihat dari jenis pekerjaan dan jabatan professional yang diembannya.
HEGEMONI KULTURAL DALAM NOVEL “SALAH ASUHAN” KARYA ABDOEL MOEIS Farhimni; Titin Ernawati; Herman Wijaya
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.783 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk hegemoni kultural dalam novel “Salah Asuhan” karya Abdoel Moeis. Rumusan masalah yang digunakan yaitu bagaimanakah bentuk hegemoni kultural dalam novel “Salah Asuhan” karya Abdoel Moeis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dari penelitian ini dari dua sumber yaitu data primer yang berupa novel “Salah Asuhan” karya Abdoel Moeis cetakan ke tiga puluh sembilan dan data sekunder dari berbagai referensi seperti buku, jurnal dan sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tekstual (pustaka). Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik mengalir yang meliputi empat komponen yaitu (1) penyampaian data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam novel “Salah Asuhan” karya Abdoel Moeis dapat disimpulkan bahwa Bentuk hegemoni kultural yang terdapat dalam novel “SalahAsuhan” terdiri atas dua macam yaitu pertama hegemoni tradisi, kedua hegemoni modern.
Penggunaan Media Lingkungan Belajar Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selong Mulkiah
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.391 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkugan belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes dan pedoman observasi. Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata menulis teks laporan hasil observasi pada siklus I 72 menjadi 80 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media lingkungan belajar dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI MTs NEGERI 2 KOTA BIMA Yudi Handoko Himawan
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.687 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.62

Abstract

Observasi awal menunjukkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Bima masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan oleh faktor guru dan factor siswa. Faktor guru muncul karena pemilihan metode yang digunakan oleh guru. Faktor siswa terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kurangnya pembiasaan terhadap kegiatan menulis serta kesulitan siswa untuk menuangkan ide dalam menulis teks eksplanasi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan metode audio visual. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan refleksi dengan menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menulis teks eksplanasi menggunakan metode audio visual pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Bima mengalami peningkatan, yaitu hasil observasi aktivitas guru siklus I kategori cukup baik menjadi kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus II hampir 90% berkategori sangat baik. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I dan siklus II juga terus meningkat sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan.
ANALISIS MAKNA DAN AMANAT PUISI ”PAHLAWAN TAK DIKENAL” KARYA TOTO SUDARTO BAKHTIAR Alpan Ahmadi; Siti Aisyah; Bq Yulia Kurnia Wahidah
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.795 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.63

Abstract

Puisi yang berudul “pahlawan tak dikenal” adalah sebuah puisi kepahlawanan yang dikarang oleh penyair indonesia yang bernama Toto Sudarto Bakhtiar, puisi ini dikarang sejak 10 tahun peristiwa penajahan itu terjadi, sebuah puisi yang mengenang peristiwa masa lalu yang menolak lupa akan jasa para pahlawan indonesia tanpa identitas yang telah gugur demi membela negara pada saat itu. Oleh karenanya pengarang mencoba mengkaji makna dan amanat yang disampaikan pengarang puisi melalui puisi tersebut, agar lebih mudah difahami untuk dapat mengambil pelajaran bagi generasi-generasi mileniar sekarang ini. Juga sebagai bahan untuk meningkatkan semangat dalam mempertahankan negara yang merdeka, adil makmur dan beradab, sebgaimana dalam undang-undang negara kita, sehingga tidak da lagi perlawanan ataupun peperangan yang akan terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena gugurnya para pahlawan adalah saksi ketidakadilan yang harus dihapuskan dimuka bumi.
EKRANISASI NOVEL KE DALAM FILM “7 HARI MENEMBUS WAKTU “KARYA CHARON Fathiya Qonita; Sangaji Niken Hapsari; Mirza Ghulam Ahmad
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.738 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v1i1.103

Abstract

Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mencari tahu hasil dari proses ekranisas ipada alur, tokoh, dan latar novel 7 Hari Menembus Waktu karya Charon ke dalam film 7 Hari Menembus Waktu. Agar dapat mengetahui hal tersebut, penelitian ini dibuat dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sementara itu, data yang dipergunakan dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses ekranisasi yang terjadi pada perubahan alur sebanyak 79 temuan, terdiri dari 39 penciutan, 13 penambahan, dan 27 perubahan bervariasi. Proses ekranisasi yang terjadi pada perubahan tokoh sebanyak 13 temuan, terdiri dari 6 penciutan, 4 penambahan, dan 3 perubahan bervariasi. Proses ekranisasi yang terjadi pada perubahan latar sebanyak 23 temuan, terdiri dari 12 penciutan, 3 penambahan, dan 8 perubahan bervariasi. Berdasarkan perubahan dalam proses ekranisasi dalam novel ke film 7 Hari Menembus Waktu karya Charon dapat ditemukan perubahan alur sebanyak 79 temuan setara 69%, perubahan tokoh sebanyak 13 temuan setara 11%, dan perubahan latar sebanyak 23 temuan setara 20%. Total keseluruhan hasil temuan sebanyak 115 atau setara dengan 100%.
METAFORA DALAM CLOSING STATEMENT ACARA TALK SHOW MATA NAJWA Dwi Mulvita Sari
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v2i1.142

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahasa dalam closing statemen acara Mata Najwa yang menggunakan bentuk ungkapan metafora. Pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai jenis dan makna ungkapan metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa di Trans7. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan jenis dan makna metafora yang terdapat dalam closing statement acara Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung metafora. Sumber data dalam penelitian ini adalah closing statemen acara Mata Najwa yang diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab. Data kumpulkan dengan metode simak dan teknik catat, kemudian dianalisis menggunakan metode padan. Penelitian ini menggunakan konsep metafora menurut Ullaman. Temuan dalam penelitian ini adalah jenis metafora yang didominasi oleh metafora pengabtrakan dengan jumlah data sebanyak 33 data, metafora sinaestetik sebanyak 22 data, metafora antropomorfik sebanyak 15 data, dan metafora binatang sebanyak 1 data.

Page 1 of 17 | Total Record : 163