ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Sastra Dan Nasionalisme Di Sekolah Internasional

Ismirani Mardalena (Universitas Indonesia)
Diah Kartini Lasman (Universitas Indonesia)
Zalfa Silfania Zahra (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Globalisasi menuntut naiknya mutu pendidikan agar anak-anak Indonesia mampu bersaing di dunia Internasional. Disahkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 31 Tahun 2014 tentang Kerja sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia serta Kurikulum 2013, yang berpedoman pada UU NO.20 tahun 2003, mendorong munculnya pendidikan berkualitas Internasional yang “mengadopsi kurikulum IB (International Bacalaureat), AAP atau Cambridge” di Indonesia. Orientasi kepada kurikulum internasional menimbulkan pertanyaan mengenai nasionalisme dan kebangsaan para siswa WNI. Salah satu strategi yang digunakan oleh sekolah yang berbahasa pengantar Bahasa Inggris serta mengadopsi kurikulum Internasional dalam menanamkan nasionalisme pada siswa berkewarganegaraan Indonesia adalah melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan menjadikan Bahasa dan Sastra sebagai salah satu mata ujian untuk mendapatkan diploma IB. Penelitian ini menganalisis hubungan pembelajaran sastra di sekolah berkurikulum IB dengan rasa nasionalisme pada siswa WNI. Data didapatkan dari wawancara tatap muka semi-terstruktur dengan guru dan siswa dari tiga sekolah Internasional, yaitu SPH Karawaci, SPH Kemang Village dan Binus School Simprug. Analisis dilakukan dengan mengaitkan data dengan konsep keindonesiaan yang dirumuskan dalam Diskusi Panel Serial: Membangun Budaya Bangsa dan Nilai Keindonesiaan Demi Masa Depan Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sastra Indonesia mampu membangun rasa kebangsaan siswa. Makna pembelajaran sastra Indonesia di sekolah internasional adalah meneguhkan identitas siswa sebagai warga Negara Indonesia yang mengenal bangsanya, kebudayaannya dan mampu berbahasa Indonesia dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...