ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung

Sisi Febria Agami Sisi (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rahayu Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Emil Septia (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 20 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menceritakan kembali isi fabel sebelum dan sesudah menggunakan media animasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung sebelum menggunakan media animasi diperoleh nilai rata-rata hitung 58,09 berada pada rentangan 56-65% pada skala dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung sesudah menggunakan media animasi diperoleh nilai rata-rata 71,66 berada pada rentangan nilai 66-75% dengan pada skala 10 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung setelah hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung> dari ttabel yaitu 5,71 1,73.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...