Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 20 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menceritakan kembali isi fabel sebelum dan sesudah menggunakan media animasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung sebelum menggunakan media animasi diperoleh nilai rata-rata hitung 58,09 berada pada rentangan 56-65% pada skala dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung sesudah menggunakan media animasi diperoleh nilai rata-rata 71,66 berada pada rentangan nilai 66-75% dengan pada skala 10 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sijunjung setelah hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung> dari ttabel yaitu 5,71 1,73.
Copyrights © 2022