Kappa Journal
Vol 6, No 2 (2022): Desember

Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Penerapan Model PBL

Laxmi Zahara (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi)
Sapiruddin Sapiruddin (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi)
Fartina Fartina (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi)
Khaerus Syahidi (Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  melalui pola Lesson Study. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasikemampuan kerjasama mahasiswa,  dan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Prosedur dalam melaksanakan Lesson Study terdiri dari tiga langkah yaitu plan, do dan see. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Lokasi penelitia ini di Universitas Hamzanwaadi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Mata Kuliah Fisika Dasar. Hasil penelitian ini adalah kemampuan kerjasama mahasiswa meningkat sebesar 4.27% dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 7.33%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...