Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 8, No 2 (2022)

Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup

Dirwan Dirwan (Unknown)
Faisal Rizal Zaenal (ITB Nobel Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Abstract This research aims to examine the effect of brand image, price and lifestyle on iPhone purchasing decisions. The research design used in causal research. The subjects in this study were STIEM Bongaya Makassar student consumers who use smartphones with the Iphone brand. While the objects in this study are brand image (X1), price (X2), lifestyle (X3) and purchasing decisions (Y). The population in this study were all students of the 2020-2021 class of Management at STIEM Bongaya Makassar. A total of 642 people. There are so many populations in this study, to facilitate data collection, it is necessary to take research samples. The sample was taken by purposive sampling so that the total sample of this study was 72 respondents. The data collection technique used in this study was a questionnaire and analyzed using multiple linear regression techniques. The results of the study found the results of the study found that simultaneously brand image, price and lifestyle have a significant effect on purchasing decisions, that brand image and lifestyle had a significant effect on purchasing decisions, while price had no significant effect on purchasing decisions.Keywords: brand image, price, lifestyle, iPhone purchasing decisionsAbstrak Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen mahasiswa STIEM Bongaya Makassar yang menggunakan smartphone dengan merek Iphone. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah citra merek (X1), harga (X2), gaya hidup (X3) dan keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020-2021 Jurusan Manajemen di STIEM Bongaya Makassar Sejumlah 642 orang. Begitu banyaknya populasi dalam penelitian ini, untuk mempermudah pengumpulan data perlu dilakukan pengambilan sampel penelitian. Sampel diambil dengan cara purposive sampling sehingga total sampel penelitian ini adalah 72 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa secara simultan citra merek, harga dan gaya hidup berpengaruh signfikansi terhadap keputusan pembelian, kemudian hasil uji parsial citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone. citra merek dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian iPhone

Copyrights © 2022