HUMANIKA
Vol 29, No 2 (2022): December (IN PROGRESS)

Formulasi Profil Karakter Lulusan Universitas Diponegoro di Era Revolusi Industri 4.0 ( Hasil Survei Jajak Pendapat Mahasiswa Universitas Diponegoro )

Iriyanto Widisuseno (Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini betujuan; (1) mengungkap pendapat mahasiswa tentang penilaian seberapa penting nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro (berani, jujur, adil, dan peduli) dan nilai-nilai kompetensi dalam jargon COMPLETE (communicator, professional, leader, entrepreneur, thinker, educator) yang telah ditanamkan di kalangan mahasiswa sebagai unsur pembentuk karakter lulusan, atau ada nilai-nilai baru yang masih diperlukan bagi lulusan di era tantangan revolusi industri 4.0. (2) Memperoleh profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang diinginkan mahasiswa di era industry 4.0. Objek penelitiannya yaitu  mahasiswa yang pernah mengikuti pendidikan karakter, mulai angkatan tahun 2018, 2019, 2020, 2021. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner, studi dokumen dan sumber referensi. Hasil olah data menunjukkan, mayoritas mahasiswa responden menilai keseluruhan nilai-nilai kejuangan Pangeran Diponegoro (79,2), dan nilai-nilai kompetensi dalam Complete (77,95) dinilai masih sangat penting, namun masih sangat diperlukan nilai-nilai baru lainnya, yaitu; beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif dan kolaboratif. Dari sebaran skala persentase penilaian menampakkan, nilai kejuangan yang diunggulkan yaitu peduli (80,6), dan nilai kompetensi yang diunggulkan yaitu professional (81,2), sedangkan nilai baru yang diunggulkan yaitu beretika (82,4). Hasil survei tersebut mengarahkan pada kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa Undip berpandangan bahwa profil karakter lulusan Universitas Diponegoro yang diperlukan di era industri 4.0 yaitu memiliki nilai kejuangan: peduli, jujur, adil, berani, dan nilai kompentensi sebagai thinker, communicator, leader, educator, entrepreneur, serta beretika, cerdas, adaptif, kreatif, integritas, tangguh, inovatif, progresif, kolaboratif. Nilai-nilai karakter yang diunggulkan adalah peduli, professional dan beretika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Humanika ISSN 2502-5783 (online), ISSN 1412-9418 (print) is an open access and peer-reviewed journal published by Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia. This Journal published twice a year (January-June and July-December).The scope of journal is: Literature, Linguistics, History, ...