SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 3 (2022)

Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Waropen di Era Revolusi 4.0

Neli D. Tebai (PPs STIE Amkop Makassar)
Andries Lionardo (Unknown)
H. Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Waropen – Provinsi Papua di Era Revolusi 4.0. Dampak kualitas pelayanan perpustakaan yang ada di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah dapat berbeda dengan yang terjadi di kabupaten Waropen. Dimana masih terdapat banyak kekurangan seperti luas gedung perpustakaan yang terdiri dari ruang koleksi, ruang baca, ruang kepala kantor, ruang administrasi, ruang pengolahan, ruang penyimpanan arsip dan dokumentasi, ruang staf, ruang diskusi atau ruang rapat, ruang baca referensi, toilet dan parkiran. Penelitian ini akan di analisis menggunakan teori dimensi mutu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan perpustakaan daerah waropen kurang baik dan belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (NSP) 003:11, belum efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pengunjung/pemustaka. Adapun saran peneliti Bagi Perpustakaan Daerah Kabupaten Waropen Papua yaitu kepala bidang pengelolaan harus saling tetap menjaga koordinasi dengan kepala dinas, kepala daerah untuk tetap memajukan kualitas perpustakaan daerah, selain itu juga perlu ditingkatkan lagi tentang sarana dan prasarana dan sumber daya aparatur pengelola perpustakaan juga menerapkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) 003:11 semuanya itu dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan yang saat ini telah dinilai kurang baik Kata kunci : Kualitas Pelayanan; Perpustakaan; Revolusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...