Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Keefektifan Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mata Pelajaran IPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi : Indonesia

kresensia br simanjuntak (Universitas Jambi)
Iwan Putra (Universitas Jambi)
Nurmala Sari (Universitas Jambi)
Novia Sri Dwijayanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh dengan mewawancarai siswa (sebagai data utama) dan guru bidang studi IPS (sebagai data penunjang). Setelah proses wawancara selesai, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa maupun guru dapat memahami dan menguasai media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran daring secara baik, namun demikian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran pada saat pembelajaran dilakukan menggunakan media zoom, hal tersebut dikarenakan sinyal internet yang buruk baik pada siswa maupun pada guru. Namun walaupun demikian, hal tersebut tidak mempengaruhi hasil belajar siswa, dari hasil penelitian peneliti menemukan data rapor mata pelajaran IPS dan terbukti bahwa siswa mampu mencapai standar tuntas KKM yakni 75 dan bahkan ada beberapa siswa yang melebihi nilai tersebut. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring ini siswa memiliki kemandirian belajar walaupun hal tersebut tidak terlalu signifikan dikarenakan terkadang siswa masih menunda pengerjaan tugas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeso

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, ...