cover
Contact Name
Anny Wahyuni
Contact Email
anny123@unja.ac.id
Phone
+6285281412786
Journal Mail Official
anny123@unja.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 28090098     DOI : https://doi.org/10.22437/jeso
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosologi, Pendidikan PPKN yang meliputi • Sistem Pendidikan, • Kurikulum, • Nilai-Nilai Pendidikan, • Media Dan Sumber Pembelajaran • Evaluasi Pembelajaran • Dan Topik Terkait Lainnya.
Articles 52 Documents
Study Perkembangan Perekonomian Jambi Masa Hindia-Belanda (1906-1942) Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah Berbasis Lokal: Indonesia Reka Seprina
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.397 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15487

Abstract

Jambi is one of the areas that can not be separated from the cultivation of Dutch colonialism in 1906-1942 (36 years), this brought changes in Jambi in the field of political system, brings in Jambi in the field of political, socio-cultural and economic systems. This research was conducted to identify how the economic development of western influences, especially Dutch Colonialism in Jambi, can be used as a source of learning, especially teaching materials based on local history in Jambi, especially during the period of colonialism and Dutch imperialism. This research method uses qualitative descriptive research. The results showed that the economic development of Jambi during Colonialism can be used as a teaching material for local history in the subjects of Indonesian History and The History of Interest. This locally based teaching material is very useful for learners because the material is close to the environment of life, thus making the goal of historical learning achieved and become more meaningful. In addition, it can also build a character of love for history and the nature of responsibility for preservation, concern for heritage and historical relics and the growth of nationalism.
Analisis Karakter Cinta Tanah Air Melalui Novel Berjudul "Hatta: Aku Datang Karena Sejarah: Indonesia Ifah Azizah; Anny Wahyuni; Budi Purnomo
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.397 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15489

Abstract

Mohammad Hatta merupakan seorang tokoh penting bagi kemerdekaan Indonesia. Peran dan pemikiran Mohammad Hatta adalah salah satu yang paling melekat dari pemimpin bangsa Indonesia lainnya, baik dibidang sosial, politik maupun ekonomiMohammad Hatta adalah seorang tokoh pergerkan nasional indonesia yang memiliki pengetahuan luas di bidang sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Nasionalisme Mohammad Hatta yaitu berdasarkan konsep kedaulatan rakyat memiliki arti, yaitu kekuasaan tertinggi di tangan rakyat, dan dilaksanakan dikendalikan oleh dewan yang dipilih oleh rakyat, demi rakyat, Konsep kedaulatan memiliki poin-poin demokrasi di bidang politik dan ekonomi. Aktualisasi Mohammad Hatta pandangan kebangsaan yang tertuang dalam pasal-pasal UUD 1945 dan asas-asasnya Pancasila yang memuat ketetapan nilai ketuhanan sebagai landasan moral Indonesia. nilai-nilai kemanusiaan, nasionalisme berbagai aliran, cita-cita keadilan filosofis, politik dan sosial untuk kesejahteraan rakyat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode history atau metode sejarah dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter cintah tanah air melalui novel yang berjudul “Hatta: Aku Datang Karena Sejarah”
Menganalisis Perjuangan Susilo Bambang Yudhoyono Dalam Merawat Demokrasi Indonesia: Indonesia Dwi ayu Suetha; Anny Wahyuni; Budi Purnomo
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.227 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15494

Abstract

Susilo Bambang Yudhoyono atau sering kita panggil SBY adalah salah satu sang demokrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Perjuangan Susilo Bambang Yudhoyono dalam Merawat Demokrasi Indonesia. SBY sendiri merasa banyak hal yang harus dilakukan dalam penyelamatan dan pengembangan Indonesia dari keterpurukan harus menjadi tema terbesar memasuki reformasi tahap kedua, menurut SBY penyelamatan ini menjadi tugas pemimpin negara. Karena Untuk merawat dan membangun kembali Indonesia menurut pandangan SBY sangat membutuhkan pemerintahan yang kuat, transparan dan akuntabel. Dimana pemerintah harus dapat merespon aspirasi rakyat menjadi program yang berbentuk, karena rakyat pantas untuk mengetahui semua kegiatan pemerintah. Pemerintah pun tidak boleh bekerja didalam ruangan tertutup dan terpisah dengan lingkungan masyarakat luas, kecuali hal yang bersifat rahasia negara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode history atau metode sejarah dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan SBY dalam merawat demokrasi Indonesia.
Pengaruh Locus Of Control Dan Adversity Quotient Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi: Indonesia sukma dwi jayanti; Refnida Refnida; Iwan Putra; Ahmad Nasori
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.538 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Locus of Control dan Adversity quotient terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah angkatan 2017 yang berjumlah 129 mahasiswa, penentuan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 97 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket. Analisi data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa variabel locus of control dalam katagori rendah, Variabel adversity quotient dalam katagori rendah, dan variabel Kesiapan Kerja dalam katagori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara bersamaan Locus of control dan Adversity quotient terhadap Kesiapan Kerja hal ini dilihat dari hasil uji F yang diperoleh diperoleh nilai Fhitung 8,021 lebih besar dari Ftabel 3,09, dengan nilai probabilitas sig 0,001 lebih kecil dari 0,05. Kemudian presentasi sumbangan pengaruh variabel pengaruh variabel Locus of control (X1) dan Adversity Quotient (X2) terhadap kualitas Kesiapan Kerja (Y) sebesar 14,6%, sisanya 85,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh Locus of control dan Adversity quotient terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi.
Keefektifan Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mata Pelajaran IPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi : Indonesia kresensia br simanjuntak; Iwan Putra; Nurmala Sari; Novia Sri Dwijayanti
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.237 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh dengan mewawancarai siswa (sebagai data utama) dan guru bidang studi IPS (sebagai data penunjang). Setelah proses wawancara selesai, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa maupun guru dapat memahami dan menguasai media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran daring secara baik, namun demikian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran pada saat pembelajaran dilakukan menggunakan media zoom, hal tersebut dikarenakan sinyal internet yang buruk baik pada siswa maupun pada guru. Namun walaupun demikian, hal tersebut tidak mempengaruhi hasil belajar siswa, dari hasil penelitian peneliti menemukan data rapor mata pelajaran IPS dan terbukti bahwa siswa mampu mencapai standar tuntas KKM yakni 75 dan bahkan ada beberapa siswa yang melebihi nilai tersebut. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring ini siswa memiliki kemandirian belajar walaupun hal tersebut tidak terlalu signifikan dikarenakan terkadang siswa masih menunda pengerjaan tugas.
Pengaruh Literasi Media Internet Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020 : Indonesia Rani Dwi Febrianti; Suratno Suratno; Muazza Muazza; Novia Sri Dwijayanti
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.628 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15542

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah terkait hasil belajar siswa kelas X Pemasaran yang masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Literasi Media Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Jurusan pemasaran SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 5 Kota Jambi sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 54 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh literasi media internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Pemasaran SMK Negeri 5 Kota Jambi. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Pemasaran di SMK N 5 Kota Jambi. (3) terdapat pengaruh secara simultan antara literasi media internet dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 5 Kota Jambi.
Pengaruh Efikasi Diri dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Intensi Berwirausaha PadaMahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan2017-2018 Fkip Universitas Jambi: Indonesia dewi ratna sari; Siti Syuhada; Fachruddiansyah Muslim; Nurmala Sari
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.663 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2017-2018 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 104 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dan seluruh data diolah menggunakan SPSS release 24,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 12,100 > 1,9837. (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap intensi berwirausaha, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel atau 1,149 < 1,9837. (3) Terdapat pengaruh signifikan efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap intensi berwirausaha, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 73,700 > 3,1. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 59,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua pada mahasiswa pendidikan ekonomi Angkatan 2017-2018 FKIP Universitas Jambi. Peneliti menyarankan agar mahasiswa dapat meningkatkan intensi atau niat berwirausaha untuk mengurangi tingkat pengangguran dan peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel lain yang dapat meningkatkan intensi berwirausaha.
Analisis Komitmen Mengajar Guru Honor Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi: Indonesia Wetri Afriati; Arpizal Arpizal; Rosmiati Rosmiati; Hidayatul Arief
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.139 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15544

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis komitmen mengajar guru honor mata pelajaran ekonomi di SMA Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru honorer yang mengajar ekonomi di SMA Titian Teras yang berjumlah 2 orang. Pengumpulan daya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah komitmen dilihat dari kinerja guru honoree seperti selalu hadir disetiap jam mengajar dikelas, dapat menyelesaikan permasalahan saat mengajar dikelas, kompensasi yang berikan juga sudah sesuai dengan kinerja guru honor. Pastinya setiap pekerjaan yang dilakukan mempunyai kendala tersendiri seperti di SMA Titian Teras memiliki kendala saat terjadinya proses belajar mengajar dikelas.
Analisis Faktor Pendorong Mahasiswa Universitas Jambi Dalam Mengikuti Aksi Demonstrasi Omnibus Law: Indonesia Sela Munita Sari; M Salam; Dona Sariani; Heri Usmanto
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.515 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15556

Abstract

Demonstrasi Omnibus Law yang berlangsung tahun 2020 yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Jambi.Demonstrasi Omnibus Law yang terjadi tiga kali ini disebabkan pro dan kontra kebijakan pemerintah untuk membuat dan mengesahkan Omnibus Law khususnya pada pasal tentang undang-undang hak cipta yang dinilai merugikan masyarakat khususnya pekerja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendorong mahasiswa Universitas Jambi dalam mengikuti demonstrasi Omnibus Law.Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis tematik”, “sedangkan informan ditentukan dengan metode purposive sampling, informan ditetapkan sebanyak 8 orang.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, dokumentasi, dan wawancara.Berdasarkan analisis data dengan teknik analisis tematik, ditemukan beberapa faktor yang melatarbelakangi mahasiswa Universitas Jambi mengikuti demonstrasi Omnibus Law, faktor-faktor tersebut adalah emosi, keluhan, mempertahankan sistem ekonomi, sosial, dan politik, keterikatan sosial, identitas, dan kemanjuran.
Perbedaan Motivasi Kerja Guru Sertifikasi Dan Nonsertifikasi Di Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Jambi: Indonesia Irham Irham; Irwan Irwan; Tohap Pandapotan Simaremare; Heri Usmanto
Jurnal EduSosial Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.695 KB) | DOI: 10.22437/jeso.v1i1.15557

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengatahui bagaimana perbedaan motivasi guru yang tersertifkiasi dan guru yang belum tersertifikasi. Penelitian ini mengunakan metodelogi penelitian komparatif, menurut Soentoro (2015:14) metodologi penelitian komparatif merupakan metodologi penelitian yang digunakan untuk membandingkan dua kejadian/dua kelompok data atau lebih (sampel maupun populasi) apakah kedua kelompok data tersebut sama atau berbeda secara signifikan. Penelitian ini melihat perbedaan/membandingkan antara dua variabel atau lebih variabel bebas dengan variabel terikat untuk mencari perbedaan antara motivasi kerja guru sertifikasi dan nonsertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi. Berdasarkan output di atas, pada “Equal Variances” diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,023 < 0,05, maka dasar pengambilan keputusan/kriteria penerimaan hipotesis dalam uji Independent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan adanya terdapat perbedaan motivasi kerja antara guru sertifikasi dengan nonsertifikasi.