El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak
Vol. 1 No. 01 (2021): El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak

Inovasi Pembenahan Kurikulum Pendidikan Usia Dini Yang Terlupakan

Ali Imran (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini akan mengupas tentang inovasi pembenahan kurikulum pendidikan anak usia dini, yang selama ini pada umumnya belum tersentuh menjadi bagian dari kurikulum pendidikan usia dini. Inovasi ini diharapkan menjadi prioritas utama dalam pembenahan kurikulum PAUD yang digali langsung dari kitab suci Al-Quran, sebagai bahan acuan untuk mempersiapkan generasi qurani yang sebenarnya. Menurut penulis, tentunya tidak cukup hanya dengan mengandalkan konsep-konsep dasar umum saja, melainkan harus mengacu pada konsep dasar qurani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian mendalam terhadap teks kitab suci Al-Quran sebagai sumber utamanya, yang berkaitan erat dengan kolaburasi asmaus surah Al-Quran dengan karakter para nabi dan rasul, khususnya karakter Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Selain kitab suci Al-Quran sebagai rujukan utama, juga menggunakan leteratur kitab tafsir untuk memberikan kemudahan dalam memahami sebagian karakter Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran tersebut. Tujuan utamanya dari penelitian ini, agar mendapatkan informasi aktual dan faktual mengenai inovasi pembenahan kurikulum PAUD yang selama ini dilupakan bahkan diabaikan, yang kemudian dijadikan rujukan sebagai prinsip utama dalam mempersiapkan generasi qurani, sehingga tercipta sebuah kehidupan yang penuh kasih sayang, aman, damai dan sejahtera dimasa yang akan datang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elathfal

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The focus of El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak publishes articles based on research from researchers, teachers, lecturers, students, and education observers. The articles published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, ...