JPMA
Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022

PENERAPAN BUDAYA BISNIS GUNA PENINGKATAN CITARASA KOPI PADA KELOMPOK TANI KOPI DI DESA PANDUMAN KECAMATAN JELBUK JEMBER

Ahmad Ahsin Kusuma Mawardi (Universitas Jember)
Lilik Farida (Universitas Jember)
Ariwan Joko Nusbandono (Universitas Jember)
Septarina Prita (Universitas Jember)
Dania Sofianti (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Pengembangan kualitas produksi kopi hutan melalui organisasi kelompok tani kopi Arum Sukmo di Dusun Sumbercandik Desa Panduman Kecamatan Jelbuk sebagai Mitra Desa Binaan masih dilakukan secara tradisional. Lemahnya budaya bisnis berdampak pada rendahnya hasil uji citarasa kopi yang dialami Mitra Kelompok Tani Kopi saat ini adalah rendahnya orientasi hasil, rendahnya inovasi dan pengambilan risiko, rendahnya orientasi manusia, rendahnya orientasi tim, dan lemahnya keagresifan. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan pada kegiatan desa binaan ini adalah penguatan budaya bisnis dan kewirausahaan adalah budaya perawatan tanaman, budaya proses bahan baku, budaya petik budaya proses produksi, dan budaya mitra usaha. Jenis luaran dari kegiatan desa binaan dilakukan dengan penguatan budaya bisnis kewirausahaan dengan mengubah perilaku bisnis dan orientasi kewirausahaan yang antara lain: Introduksi SOP perawatan tanaman kopi organik dan pendampingan ke kelompok tani Mitra Desa Binaan; Peningkatan kapasitas produksi kopi organik di Mitra Desa Binaan, paling tidak 2 kali lipat dari kondisi awal; Pengolahan produk pasca panen yang sesuai dengan Standard Pengolahan kopi organik tersertifikasi. Hasil kegiatan yang diusulkan antara lain adalah melakukan uji coba budi daya yang berpedoman pada SOP, demonstrasi dan pelatihan budi daya, dan pengolahan produk pasca panen berdasarkan strandar uji citarasa pengolahan kopi organik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science

Description

JPMA Journal accepts articles in Indonesian and English that have not been published by other publication media. The accepted articles are evaluated based on its originality, actuality, and significant contribution towards the development of the sciences and practices of business, management, and ...