cover
Contact Name
Almas Farah Dinna Dewi
Contact Email
jpma@unej.ac.id
Phone
+6285730014860
Journal Mail Official
DEWIDINNA@GMAIL.COM
Editorial Address
JPMA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember Jalan Kalimantan No. 37, Jember, Kode Pos 68121 Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JPMA
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : 28304888     DOI : https://doi.org/10.19184/jpma.v1i2.35469
JPMA Journal accepts articles in Indonesian and English that have not been published by other publication media. The accepted articles are evaluated based on its originality, actuality, and significant contribution towards the development of the sciences and practices of business, management, and economics. Article editing is intended for the uniformity of formats, terms, and other procedures.
Articles 21 Documents
Cover JPMA Vol. 1 No. 2 JPMA Journal
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.732 KB)

Abstract

MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMASARAN, BRAND IMAGE DAN INOVASI PRODUK PADA UMKM “OPAK DIFAH” DESA LERAN, KECAMATAN MANYAR, KABUPATEN GRESIK Diana Sulianti K. Tobing; Huzainatul Aini
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.663 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31416

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik. Tidak hanya di Negara-negara besar akan tetapi hampir seluruh negara di dunia. Dalam situasi pandemi ini, menurut Kemenkop UKM ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan: sekitar 56 persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan permasalahan pada aspek pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah (Kemenkop UKM, 2020). Desa Leran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Desa Leran memiliki potensi berbagai jenis usaha yang ada. Salah satunya terdapat wirausaha Opak, yang dikelola oleh Ibu Maimunah. System penjualan Opak ini dijual secara offline melalui pasar. Namun ditengah pandemic ini kesulitan pemasaran akibat kebijakan social distancing. Hal ini mengakibatkan kesulitannya peningkatan penjualan. Oleh karena itu diperlukan merencanakan program sebagai dorongan manajemen pemasaran dalam bisnis Opak mulai dari pengembangan kualitas produk, serta pengembangan kemasan dan perluasan pasar dengan digital marketing yang akan membantu usaha Opak dalam meningkatkan penjualan.
PENERAPAN BUDAYA BISNIS GUNA PENINGKATAN CITARASA KOPI PADA KELOMPOK TANI KOPI DI DESA PANDUMAN KECAMATAN JELBUK JEMBER Ahmad Ahsin Kusuma Mawardi; Lilik Farida; Ariwan Joko Nusbandono; Septarina Prita; Dania Sofianti
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.893 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i2.33977

Abstract

Pengembangan kualitas produksi kopi hutan melalui organisasi kelompok tani kopi Arum Sukmo di Dusun Sumbercandik Desa Panduman Kecamatan Jelbuk sebagai Mitra Desa Binaan masih dilakukan secara tradisional. Lemahnya budaya bisnis berdampak pada rendahnya hasil uji citarasa kopi yang dialami Mitra Kelompok Tani Kopi saat ini adalah rendahnya orientasi hasil, rendahnya inovasi dan pengambilan risiko, rendahnya orientasi manusia, rendahnya orientasi tim, dan lemahnya keagresifan. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan pada kegiatan desa binaan ini adalah penguatan budaya bisnis dan kewirausahaan adalah budaya perawatan tanaman, budaya proses bahan baku, budaya petik budaya proses produksi, dan budaya mitra usaha. Jenis luaran dari kegiatan desa binaan dilakukan dengan penguatan budaya bisnis kewirausahaan dengan mengubah perilaku bisnis dan orientasi kewirausahaan yang antara lain: Introduksi SOP perawatan tanaman kopi organik dan pendampingan ke kelompok tani Mitra Desa Binaan; Peningkatan kapasitas produksi kopi organik di Mitra Desa Binaan, paling tidak 2 kali lipat dari kondisi awal; Pengolahan produk pasca panen yang sesuai dengan Standard Pengolahan kopi organik tersertifikasi. Hasil kegiatan yang diusulkan antara lain adalah melakukan uji coba budi daya yang berpedoman pada SOP, demonstrasi dan pelatihan budi daya, dan pengolahan produk pasca panen berdasarkan strandar uji citarasa pengolahan kopi organik
PEMBERDAYAAN UMKM KUE LEMPER TERDAMPAK COVID-19 DENGAN MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN MELALUI MEDIA DIGITAL DAN BRANDING UMKM KUE LEMPER DI KEBONSARI Siela Sudy Syahputri; Intan Nurul Awwaliyah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.41 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31414

Abstract

Kelurahan Kebonsari adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Kabupaten Jember sendiri terdiri dari 31 Kecamatan, 22 Kelurahan, dan 226 Desa. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak pelaku usaha mikro kecil, dan menengah. Salah satu UMKM yang ada di Kebonsari adalah UMKM Kue Lemper milik Ibu Nining. Situasi pandemi seperti sekarang membuat banyak pelaku usaha mengalami kebangkrutan karena tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru. Dampak covid-19 ini juga dirasakan oleh Ibu Nining selaku pemilik UMKM kue lemper yang berada di Kebonsari. Permasalahan utama yang diahadapi adalah menurunnya penjualan karena pembatasan mobilitas dan kegiatan masyarakat. Selain itu, belum adanya brand dan kurangnya pengoptimalan teknologi juga menjadi masalah yang dihadapi oleh UMKM. Maka dari itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM yang terdampak covid 19. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan pendapatan melalui pemanfaatan media digital dan pemberian branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai dengan 9 September 2021. Sasaran kegiatan pengabdian kali ini adalah salah satu UMKM Kue Lemper di Kebonsari. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mendongkrak pendapatan UMKM dengan memanfaatkan media digital dan juga branding.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MGMP MATEMATIKA SMP WILAYAH KABUPATEN JEMBER TIMUR DALAM PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN, RELASI, DAN FUNGSI Ikhsanul Halikin; I Made Tirta; Kusbudiono Kusbudiono
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.039 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i2.34765

Abstract

Munculnya COVID 19 yang berkepenjangan menyebabkan pembelajaran di semua tingkat, termasuk pembelajaran di SMA, dilakukan secara daring. Dalam pembelajaran secara daring sangat dirasakan perlunya media pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara aktif. Salah satu yang termasuk media pembelajaran jenis ini adalah media pembelajaran online yang bersifat dinamik dan interaktif. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember telah mengembangkan media pembelajaran melalui web interaktif (https://statslab-rshiny.fmipa.unej.ac.id/RDoc/Himpunan/) yang dapat diakses oleh siswa kapan pun dan dimana pun, sebagai salah satu upaya untuk membuat pembelajaran daring lebih optimal. Dalam pengabdian ini dilakukan kegiatan pemaparan dan pelatihan kepada guru MGMP Matematika SMP Wilayah Kabupaten Jember Timur mengenai penerapan web dalam proses pembelajaran yang interaktif terutama untuk pokok bahasan himpunan, relasi, dan fungsi. Kegiatan tersebut dilakukan dua tahap, yaitu kegiatan secara offline di SMP Negeri 1 Mumbulsari dilanjutkan dengan komunikasi secara online selama latihan memanfaatkan web. Hasil pengamatan selama berlangsungnya proses kegiatan dan umpan balik terhadap kegiatan ini menunjukkan adanya antusiasme dan respon yang sangat baik dari para guru.
PENTINGNYA BRANDING DAN INOVASI PRODUK UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS OLAHAN TEMPE PADA DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER Ricky Oktavian Perdana Putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.554 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31412

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usaha sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapat rendah. UMKM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi realita tersebut, sedangkan usaha yang berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember saat ini adalah sedang turunnya pendapatan dan meningkatnya biaya produksi beberapa UMKM olahan tempe. Hal ini merupakan tujuan diadakannya edukasi tentang pentingnya pengembangan bisnis untuk menunjang pelaku usaha mengembangkan usahanya. Dengan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ada beberapa program diantaranya, memperkenalkan pentingnya branding untuk sebuah produk, perlu adanya inovasi dalam sebuah produk, sosialiasasi menghitung Harga Pokok Produksi. Hasilnya menunjukkan bahwa sasaran mampu membuat identitas sebuah produk dengan nama Tempe Putra Glagasan serta dapat melakukan pengembangan produk dari olahan tempe mentah menjadi Nugget Tempe. Diharapkan untuk kedepannya terus mengalami peningkatan penjualan sehingga dapat meningkatkan perolehan laba di masa pandemi Covid – 19.
Cover JPMA Vol. 1 No.1 JPMA Journal
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.999 KB)

Abstract

PENERAPAN PROGRAM KERJA PEMANFAATAN KOTORAN SAPI MENJADI PUPUK ORGANIK DI DESA SUMBERANYAR KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO Fatah Yosi Abdillah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.811 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i2.35471

Abstract

Sebagian masyarakat desa Sumberanyar memilih memelihara sapi sebagai hewan ternak. Akibat banyaknya masyarakat desa Sumberanyar yang memelihara sapi membuat adanya penumpukan kotoran sapi di lapangan desa dan pekarangan-pekarangan rumah warga. Hal itu akan menyebabkan permasalahan kebersihan di desa Sumberanyar. Berdasarkan permasalahan tersebut, kelompok KKN 299 berusaha untuk memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk organik agar dapat mengurangi penumpukan kotoran sapi yang ada di desa Sumberanyar. Dalam proses pembuatan pupuk organik, diperlukan bahan utama yaitu kotoran sapi dan EM-4. Pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk organik juga dapat menjadi solusi bagi masayrakat/petani desa Sumberanyar atas mahalnya pupuk an organic/pupuk kimia. Untuk mendukung upaya mengurangi permasalahan penumpukan kotoran sapi di desa Sumberanyar dan menghadirkan pilihan alternative pupuk, kelompok KKN 299 melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai pemanfaatan kotoran sapi sebagai pupuk organik. Upaya tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan mengajak warga desa Sumberanyar untuk menjaga kebersihan dan memanfaatkan kotoran sapi yang ada. Pupuk organik sangat bermanfaat dalam menyuburkan tanah persawahan di desa Sumberanyar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 35 hari yang dimulai dari tahap sosialisasi, pelatihan bersama pihak dinas pertanian, dan melakukan praktek bersama dengan warga di setiap dusun di desa Sumberanyar.
PROGRAM PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING WIRAUSAHA UMKM SUSU SAPI SEGAR DI KABUPATEN JEMBER KKN BTV III UNIVERSITAS JEMBER Fahriza Diana Camelia
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.01 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31413

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan penurunan penjualan bahan kerugian besar bagi para pelaku UMKM. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu kurangnya pemahaman akan teknologi sehingga mengalami keterbatasan dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dilakukannya program pemberdaya wirausaha untuk membantu mengebangkan dan meningkatkan penjualan. Program ini dilakukan pada salah satu usaha Susu Sapi Segar Susu Rudal yang berlokasi di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Kegiatan Pengabdian Masyarakat III Universitas Jember pemberdayaan wirausaha ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan dilakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku UMKM. Pemberdayaan dilakukan melalui strategi pemasaran dengan mengembangkan inovasi kemasan produk, pembuatan logo, dan dilakukannya pemasaran secara digital. Hasil kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan ini diantaranya melakukan branding kemasan produk, mendesign logo dan label kemasan sebagai brand image produk Susu Sapi Segar Susu Rudal yang mendapatkan sambutan positif dari pelanggan. Penggunaan digital marketing juga merupakan program pemberdayaan dengan melakukan pembuatan akun dan pelatihan cara penggunaannya dengan hasil peningkatan penjualan dan konsumen baru dari produk usaha Susu Sapi Segar Susu Rudal. Harapannya kegiatan pemberdayaan ini dapat diimplementasikan pada usaha secara berkelanjutan dan dapat mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.
SOSIALISASI UMKM DAN PEMBUATAN LABEL PRODUK SEBAGAI PROGRAM PENGEMBANGAN UMKM LOKAL DESA SUMBERSARI KABUPATEN BONDOWOSO Diana Sulianti K. Tobing; Gerry Ardhyansyah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 2 (2022): JPMA Volume 1 Number 2 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.478 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i2.35472

Abstract

UMKM di desa Sumbersari Bondowoso memiliki bermacam-macam jenis dan dapat berpotensi untuk dikembangkan lebih baik lagi. Namun berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan bahwa beberapa UMKM masih banyak yang belum memahami dan membangun branding produk mereka. Tujuan dari program kerja kelompok 301 yaitu mengembangkan UMKM lokal supaya dapat lebih baik lagi dari segi kualitas produk sehingga dapat memasarkan produknya lebih luas lagi. Dalam menjalankan program kerja Kelompok 301 telah membagi tugas dengan masing-masing anggota kelompok. Tugas yang dapat dilakukan yaitu menjadi koordinator acara sosialisasi strategi pemasaran dan perizinan usaha, selain itu juga membantu membuat desain label produk untuk 5 UMKM yang kelompok 301 dampingi. Metode yang digunakan adalah diskusi dengan anggota kelompok dan pelaku UMKM.

Page 1 of 3 | Total Record : 21