JPMA
Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022

PENTINGNYA BRANDING DAN INOVASI PRODUK UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS OLAHAN TEMPE PADA DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Ricky Oktavian Perdana Putra (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usaha sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapat rendah. UMKM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi realita tersebut, sedangkan usaha yang berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember saat ini adalah sedang turunnya pendapatan dan meningkatnya biaya produksi beberapa UMKM olahan tempe. Hal ini merupakan tujuan diadakannya edukasi tentang pentingnya pengembangan bisnis untuk menunjang pelaku usaha mengembangkan usahanya. Dengan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ada beberapa program diantaranya, memperkenalkan pentingnya branding untuk sebuah produk, perlu adanya inovasi dalam sebuah produk, sosialiasasi menghitung Harga Pokok Produksi. Hasilnya menunjukkan bahwa sasaran mampu membuat identitas sebuah produk dengan nama Tempe Putra Glagasan serta dapat melakukan pengembangan produk dari olahan tempe mentah menjadi Nugget Tempe. Diharapkan untuk kedepannya terus mengalami peningkatan penjualan sehingga dapat meningkatkan perolehan laba di masa pandemi Covid – 19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science

Description

JPMA Journal accepts articles in Indonesian and English that have not been published by other publication media. The accepted articles are evaluated based on its originality, actuality, and significant contribution towards the development of the sciences and practices of business, management, and ...