Salah satu produk untuk merawat kecantikan tubuh dan menambah rasa kepercayaan diri adalah parfum. Selama ini masyarakat menganggap bahwa parfum dibedakan untuk kaum perempuan dan laki-laki. Namun, pada kenyataannya parfum uniseks semakin berkembang eksistensinya. Penelitian ini menggunakan data tahun 2008 sampai 2017 berupa argumen-argumen terhadap parfum uniseks yang disebut wacana argumentatif dalam forum debat dan diskusi online Le Sexe des Parfums dalam situs AuParfum Sentez Inspiré. Metode penelitian ini dilakukan melalui berbagai tahap. Pertama, membaca argumen-argumen yang dituturkan penutur. Kedua, mengklasifikasikan data kemudian menganalisisnya menggunakan teori fungsi wacana argumentatif. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mengeksplorasi dan menganalisis fungsi wacana argumentatif dalam perdebatan parfum uniseks yang terdapat pada forum debat dan diskusi Le Sexe des Parfums dalam situs AuParfum Sentez Inspiré. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa lebih banyak penutur yang mendukung keberadaan parfum uniseks yang dibuktikan oleh fungsi dari wacana tersebut ditulis. Fungsi persuasi adalah fungsi wacana argumentatif yang paling banyak ditemukan dalam forum debat dan diskusi Le Sexe des Parfums. Namun, terdapar fungsi lain yaitu fungsi persuasif dan polemik.
Copyrights © 2022