Journal of Community Empowerment and Innovation
Vol 1 No 2 (2022)

PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Indah Muzdalifah (Lancang Kuning University)
Elvira Asril (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Menulis telah menjadi bagian dan kewajiban dari seorang guru. Keahlian menulis merupakan salah satu empat skill yang harus dikuasai dalam ilmu Bahasa. Sehingga menulis sebuah penelitian menjadi kewajiban bagi seorang guru yang akan naik pangkat atau golongan. Dalam hal ini, telah menjadi syarat mutlak bagi guru yang mengurus kepangkatan ke golongan IVA untuk menulis sebuah penelitian Tindakan kelas. Namun banyak ditemukan permasalahan dilapangan, beberapa diantaranya guru yang enggan belajar menulis dikarenakan kurangnya pembiasaan dalam menulis karya ilmiahm banyak guru yang berdalih sudah berumur, hingga guru yang meminta bantuan joki untuk memudahkan pekerjaan mereka. Kegiatan ini memberikan solusi berupa penggunaan aplikasi Mendeley dalam menulis PTK. Metode kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap yaitu teori berupa penjelasan tentang PTK dan aplikasi Mendeley dan praktik langsung dilapangan penggunaan Mendeley dalam menulis PTK. Adapun hasil yang ditemukan dalam kegiatan ini bahwa guru menyambut positif kegiatan penulisan PTK dengan menggunakan aplikasi Mendeley. Sehingga guru dapat terbantu dalam mengutip sumber dan referensi yang sering digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah khususnya PTK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Fokus kajian JOIN (Journal of Community Empowerment and Innovation) adalah pada daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerjasama antar pemerintah desa, kapasitas organisasi perempuan, kreativitas dan inovasi teknologi informasi dalam pendidikan dan ...