Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi peer lesson berbantuan “kahoot!†dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi balok dan kubus kelas VIII SMP Plus Darussalam Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam siklus yang berulang hingga indikator keberhasilan tindakan tercapai. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII sebanyak 24 orang. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, wawancara, dan tes. Hasil tindakan siklus I diperoleh informasi bahwa: (1) peserta didik mendapat nilai tes  sebanyak ; (2) nilai rata-rata kelas ; (3) rata-rata pencapaian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis ; (4) hasil observasi aktivitas pendidik ; (5) hasil observasi aktivitas peserta didik . Dengan demikian, tindakan siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan tindakan siklus II. Pada siklus II, diperoleh informasi bahwa: (1) peserta didik yang mendapat nilai tes  sebanyak ; (2) nilai rata-rata kelas ; (3) rata-rata pencapaian indikator pemahaman konsep matematis ; (4) hasil observasi aktivitas pendidik ; (5) hasil observasi aktivitas peserta didik  Dengan demikian tindakan siklus tidak dilanjutkan karena sudah memenuhi indikator keberhasilan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi peer lesson berbantuan “kahoot!†dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Darussalam. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian indikator keberhasilan dari siklus I ke siklus II sebagai berikut. (1) Peserta didik yang mendapat nilai tes  sebelum tindakan , pada siklus I meningkat menjadi  dan pada siklus II meningkat menjadi . (2) Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 63,33 pada siklus I meningkat menjadi , meningkat di siklus II menjadi . (3) Rata-rata pencapaian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis pada siklus I , meningkat di siklus II menjadi . (4) Hasil observasi aktivitas pendidik siklus I , pada siklus II meningkat menjadi . (5) Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I , pada siklus II meningkat menjadi .Kata kunci: pemahaman konsep matematis, strategi peer lesson, “kahoot!â€, kubus dan balok.
Copyrights © 2022