Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 4 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung

Desi Rahmatika (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Muriani Muriani (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Merika Setiawati (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran seorang guru dalam memberikan motivasi dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS  yang baik bagi siswa. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode wawancara. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam penelitian ini terdapat landasan teori yang dapat menjadi pedoman agar terfokus pada penelitian yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.Penelitian ini dilakukan di SMPN 9 Kubung dengan menjadikan  beberapa guru menjadi subjek penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran ips dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ips. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran seorang guru sebagai pengajar sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan ilmu atau pengajaran dengan baik. Motivasi belajar seorang siswa dalam menghadapi tugas , menghadapi kesulitan dan belajar mandiri sudah terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...