Jurnal Abmas
Vol 22, No 2 (2022): Jurnal Abmas, Desember 2022

Strategi Digital Marketing dalam menumbuhkan Startup Jastip Indonesia- Jepang

Puspo Dewi Dirgantari (UPI)
Ratih Hurriyati (Program Studi Pendidikan Bisnis, FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)
Masharyono Masharyono (Program Studi Pendidikan Bisnis, FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)
Ratu Dintha Insyani Zukhruf Firdausi Sulaksana (Program Studi Pendidikan Bisnis, FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)
Yusuf Murtadlo Hidayat (Program Studi Pendidikan Bisnis, FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)
Bambang Widjadjanta (Program Studi Pendidikan Bisnis, FakultasPendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Proses penyaluran produk dan jasa telah berubah secara  signifikan dalam beberapa tahun terakhir, konsumen kini menggunakan sarana online dan  semakin mencari saluran online untuk meneliti dan membeli produk atau jasa yang mereka  butuhkan, kondisi ini memicu lahirnya fenomena bisnis Jasa Titip (Jastip) yang mulai dikenal  masyarakat Indonesia sejak tahun 2014 sampai sekarang. Jastip Jepang merupakan salah satu  yang terpopuler, terlihat dari barang-barang unik, value for money, high tech, dan berkualitas  tinggi yang menjadikan Jepang sebagai surganya untuk para pembisnis jasa titip. Jasa Titip di Jepang juga menjamur telihat dari banyaknya kesediaan layanan jastip  di Jepang. Namun demikian, pandemi Covid-19 yang tak juga mereda membuat kehidupan para  WNI di Jepang menjadi semakin buruk, bahkan beberapa WNI juga ada yang di-kubi atau di- PHK. Para pelaku bisnis Jastip biasanya terhalang kendala minimnya pengetahuan terhadap  digital marketing, sehingga perlu dilakukan pelatihan digital marketing dengan memanfaatkan internet dan media sosial dalam mengembangkan bisnis jastip. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi  dan/atau pendampingan yang diperlukan khususnya dalam bidang digital marketing guna mengoptimalkan bisnis Jastip para PMI di Jepang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ABMAS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Abmas merupakan media publikasi pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang dipublikasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia. Pertama kali terbit pada tahun 2001 dengan nomor ISSN 1412-1891 serta dengan ISSN Elektronik 2798-1436. ...