JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 5 (2022): Oktober

PENINGKATAN UMKM BIDANG PEMASARAN DAN KEUANGAN MENYONGSONG INDONESIA EMAS 2045

Fitriani Latief (Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Karlina Ghazalah Rahman (Prodi Akuntansi, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Dirwan Dirwan (Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Moch. Ridho Ghazalih R. (Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan pengabdian ini adalah bagaimana cara untuk meningkat UMKM khususnya pada bidang pemasaran dan keuangan sehingga mampu bersaing menyongsong Indonesia emas 2045 . Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah sosialisasi pengembangan skill masyarakat di bidang pemasaran dan workshop dalam bidang keuangan UMKM. Mitra pengabdian ini adalah UMKM di desa Bolaromang Kabupaten Gowa. Jumlah yang terlibat adalah 15 orang. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner terhadap mitra. Hasil yang dicapai adalah 14 orang atau 85,7% dari hasi evaluasi bersama dengan pengelola UMKM menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara menyatakan bahwa setelah ada sosialisasi dan workshop yang dilakukan terjadi peningkatan penjualan yang terjadi karena banyaknya konsumen yang membeli dari luar Desa Bolaromang. UMKM juga banyak yang telah menggunakan buku kas dalam proses pencatatan keuangannya. Sehingga kedepannya mitra ingin menggunakan social media lebih aktif lagi dan ingin terus menggunakan buku kas dalam pencatatan keuangan produknya.Abstract: The purpose of this service is how to increase MSMEs, especially in the fields of marketing and finance so that they are able to compete for a golden Indonesia in 2045 . The method used in the service is socialization of community skill development in the field of marketing and workshops in the field of MSME finance. The partners of this service are MSMEs in Bolaromang village, Kabupaten Gowa. The number involved is 15 people. Evaluation is carried out using questionnaires against partners. The results achieved were 14 people or 85.7% of the evaluation results together with MSME managers using open questionnaires and interviews stating that after the socialization and workshops carried out there was an increase in sales that occurred due to the large number of consumers who bought from outside Bolaromang Village. Many MSMEs have also used cash books in the process of recording their finances. So that in the future partners want to use social media more actively and want to continue to use cash books in recording the finances of their products.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...