JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 6 (2022): Desember

DIGITALISASI PEMESANAN AIR MINUM ISI ULANG PADA UD. DEPO BAHAGIA

Rokhmatul Insani (Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Muhammad Nasrullah (Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Noerma Pudji Istyanto (Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Tyrela Disya Arivani (Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya)
Tasya Andini Tesalonika (Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Usaha Dagang (UD) Depo Bahagia merupakan salah satu bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Proses bisnis utamanya adalah menjual air minum dalam kemasan dan isi ulang. Proses penjualan dimulai dari proses pemesanan hingga proses pengiriman ke pelanggan. Saat ini proses pemesanan masih dilakukan secara manual yaitu datang secara langsung, melalui Telepon maupun aplikasi pesan singkat Whatsapp (WA), karena prosesnya dilakukan secara manual, maka sering terjadi permasalahan seperti tidak tercatatnya pemesanan sehingga menimbulkan komplain pelanggan. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk melakukan pemesanan secara online untuk memudahkan para pelanggan dan pengelola dalam melakukan pembelian, pemesanan, status pembelian/pemesan produk serta lokasi pembeli. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dimulai dengan memahami proses bisnis mitra, kemudian memahami proses bisnis aplikasi pemesanan produk yang telah dikembangkan oleh tim peneliti kemudian dilakukan sosialisasi bagaimana cara penggunaanya kepada mitra, kemudian dilakukan evaluasi dan penyerahan aplikasi kepada mitra jika kondisinya sudah memungkinkan untuk penggunaan aplikasi secara mandiri. Dari program pengabdian ini mitra mendapatkan penambahan pengetahuan cara menggunakan aplikasi mobile dan membantu kegiatan operasional layanan kepada pelanggan, sehingga proses bisnis usahanya menjadi lebih cepat dan efisien.Abstract: UD. Depo Bahagia is one of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) located in Mojokerto City, East Java. Its main business process is selling bottled and refillable drinking water. The sales process starts from the ordering process to the delivery process to the customer. Currently the ordering process is still done manually, namely coming in person, via telephone or WhatsApp (WA) Messenger Application, because the process is done manually, so there are often problems such as not recording orders, causing customer complaints. Therefore, need a system to place orders online to make it easier for customers and managers to make purchases, orders, status of product purchases/orders and the location of the buyer. This Community Service activity begins with understanding partner business processes, then understanding the product ordering application business process that has been developed by the research team then socializing how to use it to partners, then evaluating and submitting applications to partners if conditions allow for independent use of the application. From this service program partners gain additional knowledge on how to use mobile applications and assist operational service activities to customers, so that their business processes become faster and more efficient.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...