Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 18, No 4 (2022): November

Eksplorasi pengelolaan keuangan desa: apakah telah dilaksanakan berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif?

Nurhadi Nurhadi (Unknown)
Syamsul Syamsul (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan ketiga prinsip tersebut pengelolaan keuangan desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya, ditemukan bahwa penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif sudah mulai diterapkan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, meskipun masih belum sempurna. Kemudian, pada tahap penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa, prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif masih diterapkan pada internal pemerintah desa, BPD, dan pemerintah kabupaten melalui kecamatan, belum diterapkan secara menyeluruh kepada masyarakat. Hal ini tentunya, tidak sejalan dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018 yang mengamanatkan penerapan prinsip transparansi, akuntanbilitas, dan parisipatif pada setiap tahapan pengelolaan keuangan desa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...