Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketidaksetaraan gender dan mengetahui pengaruh pendidikan yang terdiri dari 3 indikator yaitu pendidikan tertinggi yang diselesaikan, rata-rata lama sekolah, dan angka melek huruf terhadap kemiskinan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, pengujian statistik meliputi uji f, uji t, dan R square, serta uji asumsi klasik yaitu normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi dengan bantuan program SPSS 25.0. Pendidikan tertinggi yang diselesaikan laki-laki berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan dan pendidikan tertinggi yang diselesaikan perempuan berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan tertinggi yang diselesaikan tidak memiliki ketimpangan gender. Rata-rata lama sekolah laki-laki berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan dan rata-rata lama sekolah perempuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata lama sekolah memiliki ketimpangan gender. Angka melek huruf laki-laki berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan dan angka melek huruf perempuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Dapat disimpulkan dalam tingkat melek huruf memiliki ketimpangan gender.
Copyrights © 2022