Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Pola Bilangan

Herawaty Tansala (Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai)
I Nyoman Suyantana (Pendidikan Matematika, Universitas Tompotika Luwuk Banggai)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Lembo pada materi pola bilangan dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lembo yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran STAD, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I adalah 64.48 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72.87. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembejaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...