Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMPN 35 MEDAN

Yovita Sari Munthe (Universitas Negeri Medan)
Zul Amry (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana model regresi berganda serta seberapa besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas VII-5 di SMP Negeri 35 Medan. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes yang terdiri dari 3 soal dan 2 angket yaitu angket self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) yang masing-masing terdiri dari 20 soal pernyataan. Dari analisis data menggunakan regresi linier berganda didapatkan model regresi linier berganda dari self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu Y ̀‚= 0,964+0,510X1+0,545X2. Dan dari analisis data korelasi berganda diperoleh besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) sebesar 97,4% dan dapat disimpulkan bahwa self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...