Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nurul Husna (Universitas Negeri Medan)
Zul Amry (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 5 artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 5 artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,247 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...