Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2022)

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Inkuiri dengan Metode Demonstrasi

Silvia Nazahatul Shima (IAIN Ponorogo)
Sofwan Hadi (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif melalui pembelajaran yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demonstrasi. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik sangat berpengaruh terhadap pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan di masa yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 57 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Hasil uji-t Two Tailed didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi dan kelas yang tidak menggunakan model dan yang menerapkan model konvensional. Hasil uji-t One Tailed didapatkan hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan model konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...