Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif melalui pembelajaran yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demonstrasi. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik sangat berpengaruh terhadap pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan di masa yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 57 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Hasil uji-t Two Tailed didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi dan kelas yang tidak menggunakan model dan yang menerapkan model konvensional. Hasil uji-t One Tailed didapatkan hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan model konvensional.
Copyrights © 2022