Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengaruh Model Circuit Learning Berbantuan Media Bergambar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Pada Pembelajaran Pasca Pandemi

Fira Astika Wanhar (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)
Ilham Nazaruddin (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran circuit learning dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian merupakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta PAB 10 Sampali dengan jumlah sampel 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data menggunakan two way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran circuit learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction; 2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar rendah; dan 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...