Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Kompetensi Guru Pendidikan Khusus Beprestasi Tingkat Nasional

Effran Zudeta (Universitas Lancang Kuning)
Despa Ayuni (STIT Al-Quraniyah)
Bintha Ustafiano (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari seorang Master L berprestasi di SLBN 1 Padang. Hal itu terbukti dari penghargaan yang diperoleh guru L baik di Kota Padang, Provinsi maupun Nasional. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tidak sembarang guru dapat memilikinya, namun guru perlu memiliki kompetensi guru yang baik sehingga mampu membawa perubahan di bidang pendidikan luar biasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Luar Biasa di SLBN 1 Padang. Serta guru sebaya, kepala sekolah, keluarga, masyarakat sekitar rumah merupakan informan pendukung untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kompetensi guru L baik yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...