Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kasus Bullying di SMAN 1 Percut Sei Tuan

Amanda Putri Ramadhani. T (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ike Nurul Wahdanah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurul Atika Roismaini Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurainun Damanik (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Lidya Saputri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dika Saputra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan dengan maksud untuk menunjukkan kehebatan seseorang, padahal perilaku tersebut sangat buruk bagi moral siswa. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru bimbingan konseling dalam menangani kasus bullying di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber penelitian ini adalah guru bimbingan konseling SMAN 1 Percut Sei Tuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data dan verifikasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani kasus bullying di SMAN 1 Percut Sei Tuan adaah sebagai berikut: Memanggil, Memotivasi, Menasehati, Bimbingan secara Kelompok dan Individu, Memberi Peringatan dan Hukuman, Kerja Sama dengan Orang Tua dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...