Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS)
Vol. 2 No. 01 (2022): Volume 02, No 01 : Januari - April 2022

Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan Supplier Barang Parcel Menggunakan Metode SMART (Studi Kasus Syakira Parcel)

Fera Korsyawati Nasela (Universitas Mercubuana Yogyakarta)
Putry Wahyu Setyaningsih (Universitas Mercubuana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat pesat saat ini mengakibatkan para pebisnis atau pelaku usaha untuk mencoba memberi yang terbaik bagi costumer salah satunya dengan mencari supplier atau pemasok yang tepat . Syakira Parcel sselama ini masih menggunakan cara yang manual untuk memilih supplier tentunya hal ini kurang efektif untukĀ  karena memakan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu sistem pendukung keputusan untuk pemilihan supplier barang parcel. Sistem pendukung keputusan penentuan supplier barang parcel diharapkan dapat menjadi alternatif penyelesaian persoalan penentuan supplier untuk syakira parcel. Metode penentuan supplier yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) yang dimana merupakan suatu teknik pengambilan keputusan yang multi kriteria.Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SMART (Simple Multy Attribute Rating Technique). Sistem Pendukung Keputusan yang telah dibangun berbasis website ini memberikan kemudahan bagi Syakira Parcel. Dengan kriteria Harga, Costumer Service, Kualitas Produk, Pengiriman, Ketersediaan Barang dan sebanyak 16 alternatif, mendaptkan hasil rekomendasi yaitu Alternatif ke 14 dengan nilai 0.85 untuk Syakira Parcel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikobis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) adalah jurnal ilmiah Nasional dengan akses terbuka dan peer-review yang didedikasikan untuk publikasi artikel penelitian asli berkualitas tinggi serta artikel review di semua bidang Komputer dan Sistem Informasi. Jurnal Informatika, Komputer dan ...