cover
Contact Name
Tino Feri Efendi
Contact Email
tino.itbaas@gmail.com
Phone
+6285642142940
Journal Mail Official
tino@itbaas.ac.id
Editorial Address
Jl. Slamet Riyadi No. 361 Windan, Makamhaji, Kartasura 57161 Sukoharjo, Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS)
ISSN : -     EISSN : 28075587     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) adalah jurnal ilmiah Nasional dengan akses terbuka dan peer-review yang didedikasikan untuk publikasi artikel penelitian asli berkualitas tinggi serta artikel review di semua bidang Komputer dan Sistem Informasi. Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) diterbitkan oleh LPPM ITB AAS Indonesia. JIKOBIS terbit 2 edisi per tahun pada Januari - Juni dan Juli - Desember dengan ruang lingkup ilmu komputer yang mencakup teknologi informasi, sistem informasi, dan manajemen informatika. serta Bisnis.
Articles 15 Documents
ANALISIS STUKTUR KECEPATAN AKSES DATA PADA OPTIMASI QUERY RUSHMORE Darno; Nendy Akbar Rozaq Rais
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 01 (2021): Volume 01, No 01 : Januari - April 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.714 KB)

Abstract

Analisa struktur kecepatan akses datapada query rushmore berhubungan dengan kecepatan saat memasukan data, melakukan pengolahan data serta pelaporan sebuah data menjadi informasi. Penelitian ini akan membahas tentang setruktur pada kondisi atau perintah serta kecepatan yang dihasilkan dari query rushmore sebagai dasar pengukuran kecepatan sebuah metode query database. Dalam hal kecepatan pengolahan data maka akan berhubungan langsung dengan penyajian data, sehingga apabila data semakin cepat dan tepat maka akan menjadi penyajian data yang baik. Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya informasi dalam penyajian data sebagai contoh dengan metode query rusmore. Penelitian ini akan menjelaskan beberapa poin sebagai tujuan penelitian yang diantaranya gambaran umum metode query rusmore, struktur dari metode query rushmore, perintah penggunaan query rushmore, pengujian query rasmore dan hasil query rushmore. Dengan adanya tujuan tersebut maka dapat dilihat hasil dari penelitian ini sebuah informasi untuk mengetahui struktur metode query rushmore. Hasil penelitian dapat memberikan sebuah informasidalam struktur kecepatan query rushmore yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam penelitian atau pembuatan sebuah database yang cepat dan tepat.
Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Pegawai pada ITB AAS Indonesia Siti Rokhmah; Isnawati Muslihah
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 01 (2021): Volume 01, No 01 : Januari - April 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.231 KB)

Abstract

Institut Teknologi Bisnis(ITB) AAS Indnesia merupakan perguruan tinggi di Surakarta yang memiliki dua Fakultas yaitu bisnis dan fakultas tenologi. ITB AAS Memiliki pegawai yang berjumlah sekitar 60 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan.. Pengelolaan data pegawai khususnya absensi kehadiran pegawai di ITB AAS Indonesia masih memiliki kekurangan karena belum adanya fitur permohonan izin dan cuti. Sistem absensi di ITB AAS Indonesia menggunakan sisem fingerprint, namun tidak memiliki fitur permohonan izin dan permohonan cuti hanya merekam data kehadiran dan waktu meninggalkan institusi. Dengan adanya Sistem Informasi Ini diharapkan dapat menghasilkan data absensi pegawai yang terintegrasi dan mempermudah dalam pengelolaan kinerja pegawai. Selain itu sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah pegawai dalam pengajuan cuti atau izin.
Komparasi Aplikasi Daring dalam Pembelajaran Kuliah dimasa Pandemi Virus Corona Muqorobin; Nendy Akbar Rozaq Rais
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 01 (2021): Volume 01, No 01 : Januari - April 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.761 KB)

Abstract

Pada masa ini penyebaran Virus Corona Covid-19 sedang melanda dunia, Negera indonesia juga terkena dampaknya, terutama dalam dunia pendidikan dimana proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka diruang kelas. Maka akibat dari pendemi ini proses belajar mengajar harus dilakukan melalui daring online. Peran teknologi sistem informasi menjadi sangat berarti dalam pembelajaran diperkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model kondisi pembelajaran dikampus serta peran teknologi sistem informasi dalam pembelajaran kuliah ditengah pandemi virus corona covid-19 pada STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Metode penelitian yaitu melakukan Observasi dan Studi Pustaka untuk mendapatkan data dan informasi yang digunakan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa komparasi Aplikasi daring dalam pembelajaran kuliah dimasa pandemic virus corona, seperti : Aplikasi google classroom, whatsapp, zoom. Dari sekian media belajar online tersebut terbukti google classroom : 55,9% banyak digunakan media share materi dan tugas, sedangkan kuliah video conferences pengguna terbanyak Google Meet sebanyak : 70.6%. Adapun hasil analisa dari nilai pembelaran daring ini yaitu : 44,1%. Berdasarkan data tersebut maka menunjukan bahwa peran teknologi sistem informasi sangat berperan penting dan membantu dalam proses belajar mengajar ditengah pandemi virus corona covid-19.
Perancangan Sistem Informasi Sekolah Untuk Media Promosi di Era Pandemi Corona (Covid-19) Studi Kasus : SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Nendy Akbar Rozaq Rais; Tino Feri Efendi
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 01 (2021): Volume 01, No 01 : Januari - April 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.774 KB)

Abstract

Teknologi Informasi merupakan salah satu media yang efektif didalam mengelola informasi di instansi pendidikan. Penggunaan internet juga mulai meningkat dibidang pendidikan terutama di era pandemi korona(covid-19). Penggunaan ini tidak hanya sekedar tentang informasi di internet saja, tetapi juga sebagai media promosi/publikasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas suatu badan instansi pendidikan. SMK Pelita Bangsa membutuhkan website untuk media promosi/publikasi ke masyarakat. Sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara badan instansi sekolah dengan masyarakat. Website juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin mengetahui tentang kondisi di sekolahan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya Perancangan Sistem Informasi berupa website sekolah di SMK Pelita Bangsa mengingat makin berkembangnya penggunaan dan pemanfaatan internet di era pandemi korona(covid-19) ini. Website sekolahan ini dibuat dengan bahasa pemprograman HTML, PHP, MySQL. Sistem informasi ini diharapkan dapat membantu dalam promosi dan sebagai media informasi SMK Pelita Bangsa.
Perancangan Interface Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabai dengan Metode Extreme Programming (XP) Farid Fitriyadi; Tino Feri Efendi; Moh. Erkamim
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 01 (2021): Volume 01, No 01 : Januari - April 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.464 KB)

Abstract

Para petani masih sering mengalami kendala pada proses pemeliharaan tanaman cabai, petani masih sering menemui kendala penyakit sehingga sangat merugikan petani karena hasil panen yang tidak maksimal. Kurangnya pengetahuan petani cabai terhadap penyakit cabai dan cara penanggulangannya masih menjadi permasalahan dalam proses pemeliharaan tanaman cabai. Perancangan interface sistem pakar diagnosa penyakit tanaman cabai ini menggunakan metode alur maju (forward chaining) sebagai representasi pengetahuan permasalan. Sistem pakar tanaman cabai menggunakan metode Extreme Programing (XP) yang telah disesuaikan pada penyakit tanaman cabai dengan jumlah 15 gejala, 5 penyakit, dan 5 solusi. Sistem Pakar tanaman cabai ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan berbasis web sehingga dapat di jalankan pada browser apapun tanpa harus menginstall aplikasinya. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu aplikasi system pakar ini dapat memudahkan petani cabai agar dapat memahami bagaimana cara mendiagnosa dan penanganan penyakit pada saat menanam tanaman cabai.
Rancang Bangun Sistem Administrasi Persuratan: (Studi Kasus: ITB AAS Indonesia) Isnawati Muslihah; wahib mubarok; Wibisana Budi Iswara
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 02 (2021): Volume 01, No 02 : Juli - Desember 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.353 KB)

Abstract

Manajemen surat dalam suatu organisasi atau perusahaan sangat berperan penting dalam aspek-aspek prosedur administratif. Sistem tata kelola persuratan juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pengelolaan surat pada suatu instansi ataupun institusi. Hal itu terkait dengan pengarsipan dokumen resmi yang telah masuk ataupun yang telah dikeluarkan Lembaga tersebut. Salah satu kondisi yang telah ada dan sampai saat ini masih banyak terjadi adalah pembuatan surat resmi secara manual, termasuk di kampus Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia. Maka dari itu, sistem administrasi persuratan yang telah dibuat sangat bermanfaat dalam proses pengurusan surat, baik surat masuk maupun surat keluar dapat diproses lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah. Adanya sistem ini dapat mengurangi waktu yang dihabiskan dalam pengarsipan surat, meminimalkan kemungkinan kesalahan penulisan, serta memudahkan untuk mengontrol penanganan surat. Pembuatan sistem ini dengan metode waterfall, kemudian juga memanfaatkan tool Visual Basic Application menggunakan dataset contoh surat dan data mahasiswa yang diperoleh dari petugas administrasi kampus ITB AAS Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem administrasi persuratan pada kampus ITB AAS Indonesia yang mudah digunakan, lengkap, dan terstuktur, dengan hasil pengujian blackbox mencapai 90,9 % dan pengujian SUS (System Usability Testing) mencapai nilai 79,8.
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Berbasis Web Fransisca Nonik Muktiningtyas; Tino Feri Efendi; Mardiana Andarwati
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 02 (2021): Volume 01, No 02 : Juli - Desember 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.853 KB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah system yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan dan mengoperasikan bisnis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan dan persediaan yang berjalan berbasis website.
Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Diagnosa Penyakit Demam Berdarah Dwi Otik Kurniawati; Tino Feri Efendi
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 1 No. 02 (2021): Volume 01, No 02 : Juli - Desember 2021
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.041 KB)

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan merupakan bagian penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun disamping pengetahuan terhadap cara menjaga kesehatan, pengetahuan tentang gejala penyakitpun juga menjadi modal penting. Pengetahuan setiap gejala penyakit yang terjadi pada tubuh, mampu memberikan kesehatan yang lebih panjang karena dapat di obati sedini mungkin sehingga terhindar dari kematian. Akan tetapi beberapa penyakit memiliki gejala yang hampir sama sehingga tidak dapat dibedakan, kecuali dari hasil laboratorium. Dengan metode fuzzy tsukamoto, diharapkan mampu membantu memastikan bahwa penyakit yang dialami pasien adalah Demam Berdarah atau Demam Bukan Demam Berdarah. Cara mendeteksi penyakit Demam Berdarah menggunakan metode Tsukamoto adalah dengan menentukan himpunan fuzzy dan domain yang meliputi 4 variabel yaitu leukosit, hemoglobin, hematokrit dan trombosit. Output dari perhitungan fuzzy adalah seseorang mengalami Demam Berdarah atau Demam/Bukan Demam Berdarah. Nilai yang didapatkan dari proses perhitungan menggunakan metode Tsukamoto adalah 1
Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Menggunakan Vb.Net ihsan Cahyo Utomo; Siti Rokhmah
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 2 No. 01 (2022): Volume 02, No 01 : Januari - April 2022
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jikobis.v2i01.26

Abstract

Semakin berkembangnya bisnis dibidang pariwisata dalam maupun luar negeri menjadikan bisnis di bidang travel menjadi populer, selain itu tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi juga mempengaruhi bisnis travel banyak di jadikan alternatif dalam berbisnis. Salah satu bisnis yang berkembang adalah bisnis penyedia tiket pesawat. Pemesanan tiket yang dilakukan dengan sistem pesan langsung atau melalui media komunikasi dan media sosial cenderung tidak terdokumentasi dengan baik. Agar data pemesanan tiket dan laporan keuangan dapat terdokumentasi dengan baik, maka dibutuhkan sistem komputerisasi yang dapat mempermudah proses pengelolaan dan pemesanan, pembayaran dan laporan pemesanan tiket. Dalam penelitian ini dirancang sebuah aplikasi pemesanan tiket pesawat dengan menggunakan alat bantu perancangan Unifield Modellimg Langugae (UML) dan pembuatan aplikasi dengan menggunakan VB.Net dan MySql. Tujuan dari penelitian ini adalah mempermudah pengelola jasa bisnis pemesanan tiket dalam mengelola data pemesanan dan pembuatan laporan.
A Sistem Prediksi Lama Studi Kuliah Menggunakan Metode Naive Bayes: Sistem Prediksi Lama Studi Kuliah Menggunakan Metode Naive Bayes Muqorobin; Moch Bagoes Pakarti
Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS) Vol. 2 No. 01 (2022): Volume 02, No 01 : Januari - April 2022
Publisher : LPPM ITB AAS Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jikobis.v2i01.22

Abstract

Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia merupakan salah satu lembaga pendidikan perguruan tinggi yang ada dijawa tengah. Permasalahan lama studi setiap mahasiswa biasanya disebabkan atau dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga perlu dibuat sistem prediksi kelulusan mahasiswa untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kelulusan mahasiswa. Sistem yang dirancang adalah sistem prediksi tingkat kelulusan mahasiswa pada tepat atau terlambatnya studi menggunakan metode data mining dengan algoritma naïve bayes. Kriteria yang digunakan dalam memprediksi tingkat kelulusan adalah Prodi, Gender, Asal Sekolah, Rata-rata SKS dan Asdos. Sistem dioleh menggunakan Microsoft Excel dan Pengujian Sistem Menggunakan Tools RapidMiner. Dalam perhitungannya menggunakan Data sampel untuk data training berjumlah 13 data, untuk testing berjumlah 5 data. Hasil Penelitian dalam Uji sistem telah memiliki tingkat akurasi 80%, recall 50% dan presisi 100%.

Page 1 of 2 | Total Record : 15