Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 1 (2023): JAMSI - Januari 2023

Pengembangan Ekonomi Kreatif Jamu Tradisional Herbal Hidayah pada Proses Pembuatan Merek di Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin

Sophia Rahmawati (UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Indonesia)
Syafa'ah Jemi Martiana (UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Indonesia)
Nita Andriani (UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Indonesia)
Siti Aminah (UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Indonesia)
Bradley Setiyadi (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memberikan pendampingan pada proses pengembangan produk UMKM jamu tradisional Pamenang pada proses pembuatan merek dan label dalam menghadapi persaingan dagang di era globalisasi seperti sekarang. Pengembangan ekonomi kreatif dalam penyediaan barang dan jasa yang diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat dimana dapat memunculkan berbagai sektor industri kreatif seperti produksi jamu tradisional. Dalam prosesnya, program kegiatan pengabdian masyarakat ini mencoba membangun kepedulian masyarakat tentang ekonomi kreatif, berakhlakul karimah, dan literasi. Produk jamu yang menjadi andalan yaitu tepung tasbih dan teh daun kelor yang berasal dari bahan dasar alami yaitu dari ubi kanyel dan kunyit, dimana dalam proses pembuatannya, tepung tasbih ini dibuat tidak lepas dari dzikir, sehingga produk jamu ini dinamakan tepung tasbih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah bagaimana pembuatan merek dagang agar produk yang dihasilkan dapat ditawarkan kepada masyarakat luas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...