Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa : Journal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember KAPASA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RINDINGALLO TORAJA UTARA

Daud Marsi Sumbia (Unknown)
Ferawati (Unknown)
Muhammad Janwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan media cone melalui variasi pembelajaran pada permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan menggunakan prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes evaluasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar menggiring bola menggunakan media cone melalui variasi pembelajaran pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rindingallo pada siklus I nilai ketuntasan 50% dengan frekuensi 16 siswa yang berada pada kategori tuntas pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik dengan nilai 100% dengan 32 siswa yang berada pada kategori tuntas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggiring bola menggunakan media cone melalui variasi pembelajaran pada permainan sepak bola terjadi peningkatan, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. ABSTRACT This study aims to dater mine the in crease in learning outcomes of dribbling using cone media through variations of learning in football game of class VIII students of SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara, the approach used is a quantitative approach with the type of classroom acetion research (CAR). Each cycle consists of 4 mettings using rearch procedures consisting of planning, implementation, observation, and reflection and the subject of this research is classVIII students of SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara, totaling 32 students. the instruments used in this study were observation, evaluation, tests and documentation. The analysis used in qualitative and quantitative data analysis. the results of learning to dribble using cone media through variations of learning in football games for class VIII SMP Negeri 1 Rindingallo in the first cycle the completeness value is 50% with a frequency of 16 students who are in the complete category in the secont cycle there is a very good increase with in value of 100% with 32 students who are in the complete category it can be concluded that by dribbling the ball using cone media through variations of learning in football games there is an increase, in class VIII students of SMP Negeri 1 Rindingallo Toraja Utara in Physical Education subjects.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kapasa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

KAPASA adalah singkatan dari Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa disingkat “Kapasa” merupakan Jurnal Publikasi Ilmiah berkala dengan pendekatan Interdisipliner bidang ilmu yaitu Pendidikan , Sosial dan Humaniora. Sub-sub ketiga bidang ilmu tersebut meliputi pendidikan dalam Program Studi ...