AGRISCIENCE
Vol 3, No 2: November 2022

Tataniaga sapi madura di Desa Waru Barat Kabupaten Pamekasan

Syadza Afra Zakiyyah (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura)
Mardiyah Hayati (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo)
Dian Eswin Wijayanti (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Kabupaten Pamekasan telah menetapkan Kecamatan Waru sebagai salah satu sentra peternakan sapi Madura. Penetapan wilayah mengakibatkan pemasaran semakin meluas dan melibatkan kegiatan pelaku pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan marjin pemasaran yang dilaksanakan oleh lembaga pemasaran dalam sistem pemasaran sapi Madura. Penelitian ini dilakukan di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling. Pemerintah Kabupaten Pamekasan telah menetapkan Kecamatan Waru sebagai salah satu daerah sentra peternakan sapi Madura. Metode analisis data penelitian berupa analisis deskriptif dan analisis marjin pemasaran. Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan (snowball sampling). Jumlah sampel ditentukan sebanyak 37 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sapi Madura di Desa Waru Barat yaitu petani – pedagang desa – konsumen menggunakan total marjin pemasaran sebesar 1.791.364. Farmer’s Share yang diterima sebesar 79,58 persen. Diharapkan adanya penyuluh agar memberikan informasi pasar tentang pemasaran ternak sehingga peternak memiliki posisi tawar di pasar dan memiliki keuntungan serta dapat meningkatkan kesejahteraan peternak sapi Madura.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...