cover
Contact Name
Teti Sugiarti
Contact Email
agriscience@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285232044703
Journal Mail Official
agriscience@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture Trunojoyo University, Indonesia Jl. Raya Telang 02 Kamal Bangkalan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
AGRISCIENCE
ISSN : -     EISSN : 27457427     DOI : https://doi.org/10.21107/agriscience
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource Management, Corporate Governance, Strategic Management, Entrepreneurship
Articles 173 Documents
MOTIVASI GENERASI MUDA DALAM MELAKUKAN USAHATANI DESA PANGKATREJO KABUPATEN LAMONGAN Sistri Etika Oktavia; Isdiana Suprapti
Agriscience Vol 1, No 2: November 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i2.8022

Abstract

Petani dan buruh tani di Desa Pangkatrejo didominasi oleh penduduk yang berumur kisaran 45-65 tahun, pada umur tersebut petani sangat rentan dalam mengadopsi teknologi terbaru sehingga perlu adanya peran pemuda untuk melakukan usahatani. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui persepsi generasi muda tentang pekerjaan pertanian (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi generasi muda dalam melakukan usahatani (3) mengetahui hubungan antara persepsi tentang pertanian terhadap motivasi dalam melakukan usahatani. Penelitian menggunakan 42 responden yang diambil dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara dan penyebaran kuisioner. Data dianalisis dengan regresi linear berganda dan korelasi. Persepsi pemuda tentang pekerjaan di sektor pertanian meliputi persepsi tentang pendapatan yang bernilai positif, persepsi tentang risiko usahatani yang bernilai negatif, dan  persepsi tentang kenyamanan kerja bernilai negatif. Secara simultan variabel pendidikan, pengalaman berusahatani, pengaruh lingkungan sosial, pengaruh orang tua dan teknologi berpengaruh  signifikan terhadap motivasi generasi muda dalam melakukan usahatani. Secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi generasi muda dalam melakukan usahatani yaitu variabel pendidikan, pengaruh lingkungan sosial, dan teknologi. Tidak terdapat hubungan yang signifikan persepsi dengan motivasi generasi muda dalam melakukan usahatani. Saran yang bisa direkomendasikan adalah terkait faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi. Sekolah harus mempunyai kegiatan yang memperkenalkan dunia pertanian sejak dini kepada pemuda. Penyuluhan di Desa Pangkatrejo harus lebih intensif lagi dengan cara memperkenalkan teknologi modern dan mengajak pemuda untuk gabung dalam kegiatan sosialisasi penyuluhan tentang pertanian.
STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA USAHA RONCE MELATI RATO EBHU DI DESA TUNJUNG KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN Meilinda Sari; Novi Diana Badrut Tamami
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8018

Abstract

Kabupaten Bangkalan merupakan sentra bunga melati di Provinsi Jawa Timur dan dikenal dengan melati Rato Ebhu. Kelestariannya dipertahankan oleh masyarakat dengan merangkainya menjadi sebuah produk yaitu ronce melati. Banyaknya produsen ronce melati menimbulkan persaingan, oleh sebab itu pemasaran menjadi ujung tombak bagi masing-masing produsen. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis struktur pasar ronce bunga melati Rato Ebhu, 2) menganalisis perilaku pasar ronce bunga melati Rato Ebhu, 3) menganalisis kinerja pasar ronce bunga melati Rato Ebhu dengan jumlah sampel sebanyak delapan belas usaha yang ditentukan dengan metode sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan SCP (Structure, conduct, Performance). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) struktur pasar ronce melati Rato Ebhu mengarah kepada pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar oligopoli. 2) Berdasarkan analisis perilaku pasar ronce melati Rato Ebhu harga yang ditawarkan ditentukan oleh pemilik usaha masing-masing serta produsen melakukan promosi guna meyakinkan konsumen bahwa pelayanan yang diberikan dapat bersaing dipasar. 3) Kinerja pasar ronce melati Rato Ebhu dilihat dari tingkat keuntungan berada pada level tinggi karena nilai rata-rata keuntungan yang diperoleh lebih dari 50%.
TREN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME IMPOR BAWANG PUTIH DI INDONESIA I'anatus Shofiyah; Teti Sugiarti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8001

Abstract

Bawang putih merupakan komoditas tanaman hortikultura yang jumlah konsumsinya tinggi dan cenderung meningkat tiap tahun. Konsumsi bawang putih yang tinggi, tidak seimbang dengan jumlah produksi, sehingga terjadi impor. Indonesia menjadi negara importir bawang putih terbesar di dunia dengan persentase 23,33%. Tujuan dari penelitian ini adalah :(1) mengetahui tren volume impor bawang putih di Indonesia tahun 2019-2023, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume impor bawang putih di Indonesia. Metode analisis yang digunakan ialah analisis tren dan regresi linier berganda. Hasilnya, tren volume impor bawang putih cenderung naik dengan rata-rata 7,40%. Secara parsial, jumlah produksi domestik dan konsumsi domestik berpengaruh signifikan terhadap volume impor bawang putih.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN NIU GREEN TEA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Anita Yusica BR Sinuraya; Mokh. Rum; Amanatuz Zuhriyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9762

Abstract

Perusahaan menggunakan bauran pemasaran melalui empat elemen yaitu product, price, place dan promotion untuk merumuskan strategi-strategi pemasaran dalam usahanya mencapai keuntungan yang diinginkan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Sampel yang diambil sebanyak 200 responden sesuai pendapat Ferdinand, 2005 bahwa sampel minimal yaitu lima dikali jumlah indikator penelitian. Data didapatkan melalui pembagian kuesioner melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dilihat pada nilai koefisien regresi pada persamaan Y=2.147+0.096X1+0.308X2+0.227X3+0.311X4 diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura adalah variabel promosi.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA GARAM DI INDONESIA Samiroh Laily Moqoddas; Slamet Subari
Agriscience Vol 1, No 2: November 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i2.8456

Abstract

Garam merupakan komoditas strategis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan dan hasil produksi garam yang terus meningkat setiap tahun, seharusnya berdampak pada harga garam yang berbanding lurus. Namun, Harga garam di Indonesia terus mengalami perubahan. Impor garam yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri menjadi salah satu faktor ketidak stabilan harga garam domestik. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui trend harga garam tahun 2010-2018 di Indonesia; (2) Mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan harga garam di Indonesia. Data yang digunakan adalah data time series (2010-2018) yang  diolah dan dianalisis menggunakan perhitungan trend sederhana dan analisis regresi linier berganda, dengan uji model dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend harga menunjukkan peningkatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga garam domestik di Indonesia secara parsial adalah variabel harga garam impor, jumlah produksi, dan jumlah konsumsi berpengaruh terhadap harga garam domestik, sedangkan variabel jumlah impor garam tidak berpengaruh.
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU TRADISIONAL MADURA Luluk Ristin; Isdiana Suprapti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7785

Abstract

Perekonomian industri jamu telah berkontribusi bagi pendapatan nasional, meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat yang mampu menggeser pola konsumsi masyarakat “back to nature” untuk kembali menggunakan tanaman herbal sebagai sarana pengobatan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Sampel sebanyak 30 responden diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product, promotion, process, dan physical evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tradisional di UD Nata Payung Emas.
PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUDAK DI TOKO SARI KELAPA Tutik Wahyuni; Amanatuz Zuhriyah
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8005

Abstract

Pudak adalah makanan khas Gresik yang telah dikembangkan oleh banyak UMKM. Meningkatnya persaingan bisnis, menuntut Sari Kelapa sebagai produsen Pudak untuk memahami karakteristik dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik konsumen Pudak, menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian dan menentukan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Pudak di toko Sari Kelapa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Pudak di toko Sari Kelapa sebagian besar adalah laki-laki, pekerja swasta, berpenghasilan Rp. 500.000-1.000.000, berpendidikan SMA, berusia 25-34 tahun dan mayoritas berasal dari Gresik. Secara bersamaan, faktor budaya, pribadi, psikologis dan sosial memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen.
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MINUMAN KOPI DI KOPI JANJI JIWA JILID 324 SURABAYA Alsa Nailur Rohmah; Slamet Subari
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9129

Abstract

Peningkatan konsumsi kopi terus terjadi di masyarakat Indonesia. kopi tidak hanya dinikmati oleh beberapa golongan, namun kopi dapat dinikmati oleh seluruh kalangan lintas generasi dan gender. Janji jiwa merupakan salah satu kedai kopi sekaligus brand yang ada di Indonesia dan telah dibuka sejak tahun 2018 serta cukup menyita perhatian publik. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, jumlah kedai kopi di Indonesia semakin menjamur dan persaingan bisnis semakin ketat, sehingga untuk mempertahankan eksistensinya, Kopi Janji Jiwa perlu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen, (2) Atribut apa saja yang menjadi pilihan konsumen dalam membeli minuman kopi di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis conjoin. Hasil yang diperoleh menunjukkan karakteristik konsumen sebagian besar usia 17-25 tahun dengan pendidikan perguruan tinggi, pekerjaan pelajar/mahasiswa dan penghasilan Rp.1.000.000-Rp.1.500.000. Atribut yang menjadi pilihan konsumen yakni kopi dengan varian es kopi susu, topping ice cream, rasa manis dengan harga Rp. 23.000.
PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANG DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI PADI SAWAH (Studi Kasus Kelompok Tani Padi Sawah di Desa Gili Barat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan) Siti Halimah; Slamet Subari
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran penyuluh pertanian lapang terhadap kelompok tani padi sawah; (2) mengetahui pengaruh peran penyuluh terhadap pengembangan kelompok tani padi sawah; (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk mengembangkan potensi petani dan pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif statistik dengan pendekatan regresi linier berganda, responden pada penelitian ini yaitu ketua BPP Kamal, penyuluh, dan kelompok tani Sumber Rejeki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator dan dinamisator berkategori sedang, sedangkan peran penyuluh sebagai motivator dan inovator berkategori tinggi; (2) secara simultan peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, dinamisator, motivator, dan inovator berpengaruh secara signifikan. Secara parsial peran penyuluh pertanian yang paling berpengaruh secara signifikan yaitu fasilitator, dinamisator, dan innovator; (3) Kendala yang dihadapi oleh petugas penyuluh lapang pertanian yaitu partisipasi anggota kelompok tani yang masih kurang, sulitnya petani menyerap materi yang diberikan penyuluh, dan waktu penyuluhan yang tidak bisa ditentukan.
ANALISIS KINERJA KOPERASI INTAKO DI DESA KEDENSARI KECAMATAN TANGGULANGIN KABUPATEN SIDOARJO Lina Andriani; Novi Diana Badrut Tamami
Agriscience Vol 1, No 2: November 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i2.8045

Abstract

INTAKO merupakan salah satu koperasi di Sidoarjo yang mengalami penurunan penghasilan sejak tahun 2006 karena adanya luapan lumpur lapindo yang menyebabkan sepi pengujung. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan setelah adanya bencana lumpur lapindo. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung di koperasi INTAKO dengan jumlah responden 30 pengunjung dan pengurus koperasi INTAKO. Pengumpulan data secara langsung dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan menggunakan alat ukur Balance Scorecard untuk mengetahui aspek persepktif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Koperasi INTAKO dilihat dari segi perspektif keuangan termasuk dalam kategori tidaksehat , perspektif  proses bisnis internal Sasaran strategis yang ada pada di perspektif proses bisnis internal tidak tercapai kecuali kualitas produk yang tercapai 100%, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan termasuk kategori kurang sehat.

Page 1 of 18 | Total Record : 173