Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara grit dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa selama sistem pembelajaran daring. Selama masa pandemi Covid-19 mahasiswa melakukan pembelajaran daring. Berdasarkan survei preliminary menunjukkan mahasiswa mengalami sejumlah kendala selama mengikuti perkuliahan daring, antara lain tugas yang terlalu banyak, kelelahan fisik, dan motivasi yang menurun. Motivasi dapat mendorong seseorang untuk lebih fokus, lebih gigih, dan lebih tekun dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi banyaknya kendala dalam perkuliahan daring. Kegigihan dan ketekunan individu dalam menghadapi kendala dan tantangan disebut dengan istilah grit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa grit berpengaruh terhadap motivasi berprestasi individu. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara dengan jumlah sampel sebanyak 241 mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan accidental sampling. Grit diukur menggunakan skala yang dikembangkan oleh Edwina dan Vivekananda (2017), sedangkan motivasi berprestasi diukur menggunakan skala motivasi berprestasi. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Spearman-Brown dengan koefisien korelasi (r)=-0.592 dan nilai signifikansi (p)=0.000 (p<0.005). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara grit dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa selama pembelajaran daring.
Copyrights © 2020