JHeS (Journal of Health Studies)
Vol 4, No 2: September 2020

Strategi dan Model Komunikasi Konseling Klinik Berhenti Merokok

Ummy Kalsum (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Yogyakarta 55281)
Muhamamd Nurul Yamin (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Yogyakarta, Yogyakarta 55183)
Erwin Rasyid (Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Nogotirto, Jalan Siliwangi (Ringroad Barat) No.63, Area Sawah, Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55592)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana strategi dan model komunikasi konseling yang diterapkan Klinik Berhenti Merokok Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam metode yang mereka gunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini tenaga medis baik dokter maupun perawat yang bertugas di Klinik Berhenti Merokok UMY. Pemilihan informan menggunakan metode purpossive random sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada empat strategi yang diterapkan oleh Klinik Berhenti Merokok UMY yaitu strategi simbolik, strategi psiko-edukatif, strategi kreatif dan strategi perilaku dan perilaku kognitif. Adapun metode yang digunakan oleh Klinik Berhenti Merokok adalah metode ABC, metode 5A dan terapi SEFT.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JHeS

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health

Description

JHeS (Journal of Health Studies) published since March 2017 by Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Published twice a year in March and September. Contains the writings of research results with the theme health. ISSN print: 2549-3345, ISSN Online: 2549-3353. JHeS (Journal of Health Studies) particularly ...