Prosiding Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 2 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP 2020

PELATIHAN DETEKSI DINI PRE EKLAMSI PADA IBU HAMIL DENGAN METODE KOMBINASI BODY MASS INDEX (BMI), MEAN ARTERIAL PRESSURE MAP DAN ROLL OVER TEST (ROT)

Devita Elsanti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Diyah Yulistika Handayani (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Kesejahteraan ibu hamil selama 9 bulan 10 hari merupakan hal yang penting dalam mempersiapkan persalinan. Tetapi dalam proses kehamilan terdapat beberapa hal yang mengakibatkan terjadinya gangguan. Salah satu penyebab gangguan dalam persalinan serta perkembangan janin yaitu pre eklamsi atau eklamsi. Pre eklamsi merupakan gangguan dalam proses kehamilan berupa meningkatnya tekanan darah secara mendadak yang terjadi di akhir trimester dan sebelumnya belum mempunyai riwayat sebelumnya disertai adanya protein di dalam urin dan ekstremitas oedema. Deteksi dini yang dilakukan terhadap ibu hamil merupakan salah satu intervensi untuk mengurangi tingkat keparahan ibu. Teknik Body Mass Index (BMI), Roll Over Test(ROT) dan Mean Arterial Pressure Map (MAP) terbukti efektif untuk mendeteksi prevalensi pre eklamsi dan sebagai kegiatan untuk mendukung kesejahteraan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Kegiatan ini merupakan program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini pre eklamsi untuk mencegah penyakit komplikasi yang akan menghambat proses perkembangan kehamilan. Selain itu tujuan lain yaitu peserta mampu mempraktikkan pemeriksaan deteksi dini pre eklamsi. Program khusus dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan anggota Aisyiah tentang deteksi dini pre eklamsi. Program ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan pemberian media booklet terkait dengan penatalaksanaan deteksi dini pre eklamsi BMI, ROT, dan MAP. Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah definisi serta tata cara pelaksanaan BMI, ROT dan MAP.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaslppm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat merupakan wadah artikel-artikel prosiding seminar nasional hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah ...