Journal of Multimedia Trend and Technology
Vol. 1 No. 2 (2022): Perkembangan Dunia Digital Multimedia Pada Era Industri 4.0

Konsep Game “Treasure in Borobudur” Menggunakan Unity 3D Sebagai Media Belajar Pesona Indonesia

Eka Wahyuningsih (Politeknik Piksi Ganesha)
Irma Santi (Politeknik Piksi Ganesha)
Evi Dwi Lutfiyah (Politeknik Piksi Ganesha)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Indonesia memiliki beragam kebudayaan. Banyak peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Salah satunya yang diakui dunia yaitu Candi Borobudur. Para wisatawan cukup banyak menaruh perhatian terhadap warisan candi Borobudur termasuk anak – anak. Budaya hendaknya mulai dikenalkan pada anak – anak sejak dini. Namun para anak – anak saat ini dalam belajar memerlukan banyak sumber informasi melalui teknologi informasi. Salah satu media teknologi informasi ini adalah dalam bentuk permainan. Anak – anak sangat menyukai permainan. Oleh karena itu pada kasus mengenalkan budaya seperti candi Borobudur ini diperlukan strategi yang baik sebagai media belajar untuk anak – anak. Makalah ini akan mencoba membahas bagaimana konsep merancang permainan dengan tema kultur budaya yang menyenangkan. Target yang dibahas dalam makalah ini adalah anak – anak sekolah dasar dimana mereka masih senang dengan model belajar dan bermain. Hasil dari pembahasan makalah adalah berupa rancangan game yang dinilai layak digunakan untuk industri. Tujuan dibangunnya game ini merupakan kontribusi sebagai pendukung pesona Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMTT

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Journal of Multimedia Trend and Technology is an online journal organised and managed independently by a consortium of multimedia and visual communication design lecturers. JMTT is an open-access journal that is provided for researchers, lecturers, and students who will publish research results ...