Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Pengaruh Penggunaan Digital Storytelling Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Dyan Yuliana (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP PGRI Situbondo)
Okta Ayu Wulandari Putri (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini telah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan bermunculan peralatan teknologi canggih yang telah mengubah gaya hidup manusia pada saat ini. Sebagai seorang guru tentunya kita harus dapat menyesuaikan cara mendidik mereka sesuai dengan cara hidup mereka diera digital. Guru dituntut untuk melakukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas, untuk mendukung kebutuhan yang diperlukan dalam menerapkan pembelajaran aktif di kelas perlu adanya media yang dapat menunjang dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut secara maksimal untuk memacu kemampuan komunikasi efektif melalui pembelajaran aktif yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi yaitu Digital Storytelling (bercerita digital) yang merupakan suatu strategi penggunaan program aplikasi komputer yang menggabungkan antara media audio dan visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh melalui uji paired sampel t-test di SPSS versi 25 yaitu diketahui nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,001. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel T-test bahwa nilai sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Untuk mengetahui berapa persen pengaruh tersebut, maka perlu dicari koefisien determinasi (R Square) dengan uji regresi linier sederhana di SPSS versi 25 dan ditemukan bahwa pengaruh Digital Storytelling terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,142 atau 14,2% yang dapat disimpulkan bahwa Digital Storytelling memberikan pengaruh yang sangat rendah terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1 Kendit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...