Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Sistem Informasi Payroll Pegawai dengan Absensi QR Code

Rr. Balqis Nuerita Maharani (Program Studi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Utara)
Muhammad Irwan Padli Nasution (Program Studi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Triase Triase (Program Studi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Penggajian adalah salah satu pembayaran hasil kerja pegawai. Pada PT. Anugrah Azzahra Utama sering kali terjadi kesalahan validasi data hitungan gaji sehingga mengakibatkan gaji harus dihitung ulang untuk mencari hasil pasti yang akan di keluarkan perusahaan untuk pembayaran gaji. Pembuatan sistem informasi payroll pegawai dapat membantu perusahaan mengatasi perhitungan gaji menjadi lebih baik. Sistem ini dirancang dengan metode waterfall yang meliputi analisa kebutuhan, perancangan sistem, pengkodean sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Dengan menggunakan QR Code untuk mengabsen pegawai menggunakan kamera eksternal sebagai pemindai yang terintegrasi ke database sehingga memudahkan user dan menjadi lebih efektif dan efisien. Perancangan sistem menggunakan bahasa pemogramam PHP dan database MySQL. Pengujian sistem dilakukan menggunakan black box testing pada sistem. Hasil yang diberikan sistem ini ialah kemudahan absensi pegawai dengan menggunakan QR Code dengan kamera eksternal sebagai pemindai, perhitungan gaji yang valid tanpa perhitungan ulang dan penyimpanan data yang baik untuk admin, pegawai maupun direktur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...