Jardiknas - Jurnal Pendidikan dan Sosial
Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING SKILL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI “TALKING ABOUT DAILY ACTIVITIES” TERHADAP SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 SENGAH TEMILA TAHUN PELAJ

Liem Swi King (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Proses pembelajaran, (2) Mendeskripsikan pembelajaran oleh guru, dan (3) Mengetahui Hasil siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, demikian pula dengan siklus II dan III. Data aktivitas siswa digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activities di siklus I, siklus II dan Siklus III penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru dikelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activitiesmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di siklus I, siklus II dan siklus III penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jardiknas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JARDIKNAS merupakan jurnal perdana yang diterbitkan oleh Yudha English Gallery, Dikelola secara sukarela dan masih bersifat paruh waktu oleh Dewan Redaksi dari PGRI, Mata Garuda LPDP Kalbar dan beberapa akademisi lainnya. Sistem review masih menggunakan editorial review. Semua catatan review ...