Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Proses pembelajaran, (2) Mendeskripsikan pembelajaran oleh guru, dan (3) Mengetahui Hasil siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, demikian pula dengan siklus II dan III. Data aktivitas siswa digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activities di siklus I, siklus II dan Siklus III penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru dikelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activitiesmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di siklus I, siklus II dan siklus III penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Copyrights © 2020