cover
Contact Name
Rahmat Yudha
Contact Email
yudha.englishgallery@yahoo.com
Phone
+628114091984
Journal Mail Official
yudha.englishgallery@yahoo.com
Editorial Address
Jl karangan blok D no 9
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jardiknas - Jurnal Pendidikan dan Sosial
Published by Yudha English Gallery
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JARDIKNAS merupakan jurnal perdana yang diterbitkan oleh Yudha English Gallery, Dikelola secara sukarela dan masih bersifat paruh waktu oleh Dewan Redaksi dari PGRI, Mata Garuda LPDP Kalbar dan beberapa akademisi lainnya. Sistem review masih menggunakan editorial review. Semua catatan review terdokumentasi dengan baik, namun belum bisa disematkan di akun OJS masing-masing penulis, terlebih masih ada juga penulis yang belum bisa submit via OJS. Bagaimana pun Jardiknas memang diadakan sebagai jurnal pembelajaran bagi penulis, penerbit, reviewer, maupun editor. Semoga sejalan dengan pertambahan usia dan pengalaman, jurnal ini bisa berkembang sebagaimana mestinya.
Articles 29 Documents
KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA PADA KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN PONTIANAK TIMUR Chandra Lesmana; Samuel Limin
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.261 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah menengah atas dalam mengimplementasikan mata pelajaran informatika pada kurikulum 2013 di Kecamatan Pontianak Timur. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan sekolah menengah atas dalam mengimplementasikan mata pelajaran informatika pada kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan padoman wawancara, padoman observasi, dan angket. Hasil dari penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa kesiapan sekolah menengah atas dalam mengimplementasikan mata pelajaran informatika pada kurikulum 2013 di Kecamatan Pontianak Timur diketegorikan tidak siap. Dillihat dari analisis data terhadap permasalahan yang ada, persentase kesiapan sekolah dilihat dari pendidik SMA Negeri 6 Pontianak sebesar 94%, SMA Negeri 9 Pontianak sebesar 98%, SMAS Islam Haruniah Pontianak sebesar 0%, dan SMAS PGRI 1 Pontianak sebesar 0%. Kesiapan sekolah dilihat dari sarana dan pasarana sekolah SMA Negeri 6 Pontianak sebesar 100%, SMA Negeri 9 Pontianak sebesar 100%, SMAS Islam Haruniah Pontianak sebesar 0%, dan SMAS PGRI 1 Pontianak sebesar 0%.
MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE BALOR DI KELAS X IPA SMAN 1 SILAT HILIR Nur Rohmah, S.Hum
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1395.934 KB)

Abstract

Pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas X,menulis (Writing) merupakan salah satu kompetensi yang harus diajarkanpada peserta didik . Di lapanganpeserta didik seringkali mengeluh , mereka merasa takut tidak dapat menyelesaikan tugas menulis, karena tidak tahu apa yang harus ditulis, bagaimana cara memulainya dan mengakhirinya. Kemudian rendahnya kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembalajaran Bahasa Inggris, juga menjadi permasalahan yang penulis temukan di tempat penulis bertugas. Hal ini terlihat dari hasil karangan siswa dalam teks deskripsi, dari segi penulisan karangan, siswa masih kesulitan dalam merangkai kata-kata yang menjadi sebuah paragraf dalam sebuah karangan deskripsi. Dan ketika melihat secara keseluruhan, hasil karangan yang di tulis siswa dinilai dari segi judul, tema, dan isinya terlihat tidak sesuai (tidak koheren).Melihat permasalahan ini maka diterapkan metode BALOR. Sebelum di terapkan metode Balor ketrampilan menulis teks deskripsi masih rendah yaitu nilai rata-rata siswa 62,06,yakni belum mencapai nilai minimal yang telah ditetapkan yaitu 75. Setelah di terapkan metode Balor ketrampilan menulis teks deskripsi nilai nilai rata-rata siswa miningkat yaitu 79,58.Setelah di terapkan metode Balor ketrampilan menulis teks deskripsi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum diterapkan metode balor yaitu nilai rata-rata siswa 62,06 meningkat menjadi 79,58. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil ketrampilan menulis teks deskripsi setelah digunakanmetode Balor di kelas X IPA SMA Negeri 1 Silat Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020
STRATEGI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIMEDIA DI SMA NEGERI 1 MENJALIN KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT Yakobus,S.Pd,M.M
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran yang belum optimal terutama dalam mnghadapi situasi Covid-19 alat yang digunakan berupa HP/Laptop Secara online proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru , masih belum sempurna karena baru pertamakali melksanakan pembelajaran online. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menentukan strategi pembelajaran Daring berbasis multimedia melalui monitoring dalam Pembelajaran . Tujuan dilakukan monitoring adalah untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan menggunakan model pembelajaran dengan multimedia online. Sumber data penelitian adalah pada guru dan siswa dikelas adalah proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa monitoring di dalam kelas Zoom mampu meningkatkan profesionalisme guru dalam menentukan media pembelajaran secara daring/Jarak jauh.
PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS XI MULTI MEDIA MELALUI PEMANFAATAN MODUL DI SMK NEGERI 1 MEMPAWAH HULU MARSELUS, S.E., M.M., M.Pd
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.042 KB)

Abstract

Abstract The aims of this research to improve the self-direction learning and learning achievement in Basic Programming learning of students through the utilization of Basic Programming module in 11th Grade of Multimedia 2 in SMK Negeri 1 Mempawah Hulu.This research is classroom action research which was conducted in two cycles. Every cycle consists of 4 stages: (1) Planning, (2) Implementation of action, (3) Observation, (4) Reflection. The subject of this research is 11th Grade of Multimedia 2 SMK Negeri 1 Mempawah Hulu in 2nd semester with total number of students 30. Data collection techniques that had been used is the the observation sheets of self-direction learning, questionnaires, evaluation test, documentation. Data analyzed by descriptive statistical analysis. The results showed that the utilization of Basic Programming module can improve the self-directed learning Basic Programming in 11th Grade of Multimedia 2 students in SMK Negeri 1 Mempawah Hulu. Improvement can be seen from the average score of self-directed learning. In the pre-action, the average score was 4.5 with a 16% percentage in very less category, increasing in cycle I to 13.4 with a 47% percentage in good category and increasing again in cycle II to 25.1 with percentage 89 % in very good category. Increased self-directed learning is in the indicators of student learning motivation, use of learning resources, learning strategies, self-monitoring, self- evaluation in learning, and environmental factors. Improvement student’s learning achievement can be seen by the increased percentage mastery of student’s learning achievement. Percentage mastery of student’s learning achievement in cycle I 63,3% with average value 72,7 in good category increase in cycle II to 93,3% with average value 86,2 in very good category.Keywords : self-directed learning, students learning achievement, Basic programming, Basic Programming module.
STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN DISIPLIN POSITIF PADA PESERTA DIDIK Rahmat Putra Yudha; Rahmad, S.Pd
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.482 KB)

Abstract

Analysis of the application of Positive Discipline in the classroom for students is a new way to motivate students in learning. The granting of physical punishment or intimidation applied is a matter of old-fashioned way of educating and not having a positive impact. With the application of positive discipline, it is expected to have a better impact on students. The goal is to find out the form of the application of positive discipline, to know the interaction and oppose the application of positive discipline to students, and to find out the application of the positive discipline. Descriptive research method using literature study data collection. Results and conclusions of the analysis in the form of form theory and the application of positive discipline in the form of mutual respect for dignity, dignity, behavioral development, discipline and self-control, friendly character, active child participation, Respect the development and quality of life of children, Avoid motivation, find children about life, question honesty, equality, non-argument, solidarity and fairness. Inhibiting factors, habits, habits, the same punishment with love.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK Idrus, S.Th
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.891 KB)

Abstract

Upaya meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak pernah berhenti. Banyak agenda reformasi yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan, yakni memperbaiki pola hubungan sekolah dengan lingkungannya dan dengan pemerintah, pola pengembanganperencanaan, serta pola pengembangan manajerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model model pembelajaran. Reformasi pendidikan tidak cukup hanya dengan perubahan dalam sektor kurikulum, baik struktur maupun prosedur penulisannya. Pembaharuan kurikulum akan lebih bermakna bila diikuti oleh perubahan praktik pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Keberhasilan implementasi kurikulum sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru yang akan menerapkan dan mengaktualisasikan kurikulum tersebut. Tidak jarang kegagalan implementasi kurikulum disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kemampuan guru dalam memahami tugas tugas yang harus dilaksanakannya. Hal itu berarti bahwa guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran menjadi kunci atas keterlaksanaan kurikulum di sekolah. Upaya perwujudan pengembangan silabus menjadi perencanaan pembelajaran yang implementatif memerlukan kemampuan yang komprehensif. Kemampuan itulah yang dapat mengantarkan guru menjadi tenaga yang professional. Guru yang professional harus memiliki 5 (lima) kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi penyusunan rencana pembelajaran. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran sehingga hal ini secara otomatis berimbas pada kualitas out put yang dihasilkan dalam proses perbaikan.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams- Achievement Division (STAD) Darfiatna, S.Pd
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.868 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas X Multimedia A di SMK Negeri 1 Sengah Temila melalui penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Tipe Student Teams- Achievement Division (STAD), Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Sepetember-November 2018, Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia A SMK Negeri 1 Sengah Temila Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nilai tes siswa untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pada saat dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipeSTAD,suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus siklus. Pada kondisi awal sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata hasil belajar hanya 51,53. Setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, dengan rata-rata hasil belajar peserta didik 63,00 dan ketuntasan belajar23,33 %.Pada siklus II, dengan rata-rata hasil belajar 68,50 dan ketuntasan belajar 66,67%. Sedangkan pada siklus III, dengan rata-rata hasil belajar 80,00 dan ketuntasan belajar 93,33%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipeSTADdengan setelah model pembelajaran tersebut diterapkan.
PENERAPAN MODEL THINK PAIRS SHARE Martina, S.Pd
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.925 KB)

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah“Meningkatkan hasil belajar ekonomi dengan metode Think Pair Sharepada siswa kelas XE SMA Negeri 2 Mandor Kabupaten Landak Tahun Pelajaran 2018/2019. Masalah umum yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode think pair sharedapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tuuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif model think pair shareterhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XIIS1 tahun pelajaran 2018/2019.Dengan menggunakan teknik penelitian observasi langsung dan teknik pengukuran. Data yang diperoleh meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah (1) apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa ≥65, ketuntasan belajar secara klasikal ≥75%, dengan ketuntasan individu sebesar 61 (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat yang diukur dengan melihat lembar hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,74 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 70% penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Mandor.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING SKILL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI “TALKING ABOUT DAILY ACTIVITIES” TERHADAP SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 SENGAH TEMILA TAHUN PELAJ Liem Swi King
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Number 1 2020
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.996 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Proses pembelajaran, (2) Mendeskripsikan pembelajaran oleh guru, dan (3) Mengetahui Hasil siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, demikian pula dengan siklus II dan III. Data aktivitas siswa digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activities di siklus I, siklus II dan Siklus III penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru dikelas XI TKR SMK Negeri 1 Sengah Temila tahun pelajaran 2017/2018 materi talking about daily activitiesmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di siklus I, siklus II dan siklus III penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil Belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI TKRdi SMK Negeri 1 Sengah Temila semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 untuk materi “Talking about Daily Activities”meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUIS TEAM DI KELAS XI IPS3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PONTIANAK TITIK SUKMAWATI
JARDIKNAS - Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Number 2 2021
Publisher : Yudha English Gallery

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.357 KB)

Abstract

This research was conducted to determine how to improve student outcomes in the Quis team model of learning outcomes in Pancasila and citizenship education subjects in class XI IPS 3, semester 1, 2018/2019 academic year at SMA Negeri 8 Pontianak. The purpose of this study is to improve student outcomes in Citizenship Education learning. The type of research used was Classroom Action Research (PTK) which consisted of two cycles and each cycle consisted of two meetings. The research subjects were 36 students of class XI IPS 3. Based on the results of the research, it was found that there was an increase in the learning outcomes of civic Pancasila Education using the Quis team model for class XI IPS 3 students at Public Senior High School 8 Pontianak. This is proven by an increase in the learning outcomes of Pancasila Civics Education which is quite good, namely in the first cycle with an average value of 73.89, so the increase is 13.81%. while the average value in cycle II was 86.88, so the increase was 33.6%.

Page 1 of 3 | Total Record : 29