Jardiknas - Jurnal Pendidikan dan Sosial
Vol 2 No 2 (2021): Volume 2 Number 2 2021

Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Monterado

Marselus Marselus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata skor tingkat keaktifan siswa mencapai ≥75% dan persentase ketuntasan klasikal siswa di kelas mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari persentase ketuntasan siswa secara klasikal dari prasiklus yang hanya sebesar 22% meningkat menjadi 63% pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II mencapai 88%, sedangkan persentase hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 67% kemudian naik pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan danhasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) mata pelajaran perakitan komputer kompetensi dasar memahami prosedur bongkar pasang komputer dan menyajikan hasil bongkar pasang komputer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jardiknas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JARDIKNAS merupakan jurnal perdana yang diterbitkan oleh Yudha English Gallery, Dikelola secara sukarela dan masih bersifat paruh waktu oleh Dewan Redaksi dari PGRI, Mata Garuda LPDP Kalbar dan beberapa akademisi lainnya. Sistem review masih menggunakan editorial review. Semua catatan review ...