Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI SECARA ONLINE PADA CROWDFUNDING PLATFORM KITABISA.COM

Nadia Salsabila (Unknown)
Imanuddin Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Banyaknya crowdfunding platform baru yang bermunculan dan maraknya penipuan penggalangan dana yang terjadi secara online membuat perusahaan perlu memikirkan strategi agar membuat masyarakat tertarik dan percaya untuk melakukan keputusan berdonasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan berdonasi secara online pada crowdfunding platform Kitabisa.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kausal. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan kriteria pengguna aktif media sosial dan sudah pernah melakukan donasi pada crowdfunding platform Kitabisa.com minimal satu kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa citra merek berada pada kategori sangat baik artinya persepsi pengguna mengenai merek Kitabisa.com sangat baik, kepercayaan berada pada kategori baik artinya pengguna yakin untuk mengandalkan Kitabisa.com dan keputusan berdonasi berada pada kategori baik artinya pengguna membuat keputusan akhir untuk memilih Kitabisa.com dibandingkan merek yang lain. Hasil uji parsial menunjukkan citra merek yang dimiliki Kitabisa.com berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna untuk berdonasi dan kepercayaan pengguna berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi pada Kitabisa.com. Hasil uji simultan menunjukkan citra merek dan kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi secara online pada crowdfunding platform Kitabisa.com dengan pengaruh sebesar 61,8% dan sisanya 38,2% dipengaruhi dari variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...