Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA JASA TRANSPORTASI GRAB CAR DI KOTA BANDUNG

Dwi Anjani (Unknown)
Dian Candra Fatihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh dari pelayanan jasa transportasi Grab Car di Kota Bandung terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan dengan pengumpulan data serta informasi dari lapangan, kuesioner, dan studi pustaka disekitar. Populasi dari penelitian adalah konsumen Grab Car di Kota Bandung, sedangkan sampel yang digunakan adalah 72 responden. Data primer diperoleh menggunakan kuisioner skala likert. Data ini kemudian diolah menggunakan software IBM Statistic versi 25 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan juga korelasi antar variabel guna menunjukkan dampak pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuattantara pelayanan yang diberikan dan kepuasan konsumen. Hal ini ditujukkan oleh nilai korelasi antara kepuasan pelanggan dan pelayanan yang diberikan mencapai nilai 0,818 yang berada pada interval tingkat hubungan sangat kuat. Uji t yang dilakukan juga menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas layanan dan kepuasan konsumen dengan nilai ttabel 1,994. Terlebih lagi, hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 67%. Saran yang diberikan yaitu agar PT. Grab Indonesia khususnya di cabang Kota Bandung meningkatkan kualitas kendaraan yang digunakan oleh driver Grab Car di Kota Bandung, dan menetapkan tarif yang memukau konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...